Polres Bangli segera tertibkan parkir liar

Tribratanews.go.id Polda Bali.   Penertiban parkir liar rupanya tak hanya serius dilakukan Ditlantas Polda Bali, tetapi seluruh satwil di jajaran Polda Bali juga melakukan hal serupa. Seperti jajaran Polres Bangli. Dibawah komando Kapolres Bangli AKBP Danang Benny, Satuan Lalu Lintas Polres Bali telah melakukan penertiban parkir liar di sejumlah titik.
Tujuannya, selain mengantisipasi macet dan tersendat arus lalu lintas juga guna menumbuhkan rasa kesadaran pengendara untuk tertib berlalu lintas di jalan raya. “Kabag Ops, para Kaplsek, Kasat dan Kanit Lantas serta Kasat Sabhara, sudah saya perintahkan untuk melaksanakan kegiatan tersebut sejak seminggu lalu. Mereka sudah bergerak di lapangan. Intinya, kami mau bikin Bangli bebas parkir liar,” kata Kapolres Danang, Minggu (22/1).
Mantan Kasubdit Regiden Ditlantas Polda Bali ini menerangkan para Kabag, Kasat dan Kanit agar dikondisikan tertib parkir di Kota Bangli, khususnya di depan kantor bupati sampai di pertigaan lampu merah (traffic light) yang mengarah ke Pasar Kidul dan juga di seputaran Pasar Kidul. “Target dua atau tiga minggu sudah tertib,” tegasnya. Kapolres Danang juga meminta para anggota yang terlibat agar berkoordinasi dengan pihak Dishub dan Tata Kota serta PD Pasar supaya membantu kegiatan ini. Nantinya, jika ada pengendara yang ketahuan melanggar karena parkir sembarang, maka upaya penindakan harus dilakukan dengan tegas. Mulai dari penindakan tilang, penggembosan paksa, hingga kendaraan diderek.
Dalam pelaksanaan kegiatan ini dilakukan patroli hunting dan berkolaborasi dengan pihak terkait. Patroli hunting dilakukan mulai pagi hingga malam. “Untuk itu, pengendara ranmor, khususnya di wilayah hukum Polre Bangli diharapkan tidak memarkir kendaraanya sembarangan. Apalagi, parkirnya di badan jalan. Sebab, hal ini merupakan salah satu pemicu kemacetan dan tersendatnya arus lalu lintas,” terang pria yang juga mantan Kasat PJR Ditlantas Polda Bali ini. Ia menambahkan tidak hanya di Kota Bangli saja pemberlakuan penertiban parkir liar ini. Tetapi juga di daerah lainnya. Seperti di wilayah Kintamani dan sekitarnya. Apalagi, dalam waktu dekat ini akan ada pelaksanaan odalan di Pura Ulundanu Batur.
“Parkir liar juga kerap terjadi di Kintamani. Makanya mulai sekarang harus ditertibkan. Biar nantinya saat pelaksanaan odalan di Pura Ulundanu Batur tidak ada kemacetan lagi. Mulai sekarang mesti ditumbuhkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas,” ungkapnya.

penulis : dani

editor : swan

publish : swan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password