Kakorlantas Polri Resmikan Gedung PJR dan RTMC Polda Sulut

IMG_0643

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Kepala Korps Lalulintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Drs. Royke Lumowa meresmikan Gedung PJR (Patroli Jalan Raya) dan RTMC (Regional Traffic Management Centre) Direktorat Lalulintas Polda Sulawesi Utara, Senin (19/3/2018).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh mantan Kapoltabes Manado ini dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Drs. Bambang Waskito.

Dikatakan Kapolda dalam sambutannya, dalam rangka meningkatkan pelayanan publik yang profesional, modern dan terpercaya (promoter) sesuai program strategis Kapolri, salah satunya yaitu pembangunan dibidang lalu lintas dan angkutan jalan yang merupakan faktor utama dalam menunjang pembangunan suatu bangsa.

“Maka tentunya perlu dilakukan upaya-upaya pembenahan, penataan, pembangunan sarana prasarana dan pengelolaan khususnya dibidang lalu lintas agar dapat meningkatkan pelayanan kepada publik. Guna menindaklanjuti program tersebut maka di Polda Sulawesi Utara khususnya Direktorat Lalu Lintas Polda Sulut telah membangun gedung PJR dan RTMC,” terang Kapolda.

Peletakan batu pertama pembangunan gedung ini dilaksanakan pada hari Jumat, 15 September 2017.

Kapolda berharap pembangunan gedung ini bisa memberikan pelayanan yang lebih representatif, proporsional dan modern dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Bumi Nyiur Melambai dibidang pengaturan, penjagaan, pengawalan, patroli (turjawali), pengawalan VVIP dan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Selain gedung PJR, gedung ini juga akan difungsikan sebagai tempat Regional Traffic Management Centre (RTMC), yang merupakan pusat dari management lalu lintas di Polda Sulut yang mempunyai fungsi sebagai K3I (Komando, Komunikasi, Koordinasi, dan Informasi).

“Komando merupakan perintah dan pengendalian bagi petugas-petugas di lapangan dalam menangani masalah lalu lintas, sehingga kehadiran RTMC Ditlantas Polda Sulut juga merupakan salah satu wujud Reformasi Birokrasi Polri dalam hal pelayanan kepada masyarakat yang memungkinkan personil polantas dapat bekerja secara transparan, cepat dan akurat,” ujar Kapolda.

Sementara itu Kakorlantas mangatakan bahwa Polisi PJR saat ini sangat dibutuhkan. “PJR sangat dibutuhkan di jalan raya, yang suka balap-balap dan tidak pakai helm itu perlu dijaga, kecelakaan terjadi karena berawal dari pelanggaran,” tegasnya.

Beliau mengatakan bahwa korban meninggal dunia sebanyak 30 ribu per tahun di Indonesia. “Angka ini sangat besar.” Katanya.

Menurutnya, program Korlantas kedepan akan menjadikan Polantas yang modern. “Saat ini penegakan hukum lalulintas di Indonesia masih manual, masih enggunakan mata telanjang. Kedepan akan menggunakan kamera, catching by camera,” katanya.

Ia juga berharap masyarakat Indonesia senang menggunakan transportasi sehat dan merakyat. Menurutnya ada 3 moda transportasi, yaitu berjalan kaki, bersepeda, dan menggunakan angkutan umum.

Hadir juga dalam peresmian tersebut, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Drs. Johni Asadoma, PJU Polda, para Kapolres, dan seluruh stake holder terkait.

Penulis: Supri
Editor: Alfian
Publish: Roni

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password