Polda Kalsel Studi Banding ke Command Center dan RTMC Polda Jatim

kunker jatim1

Tribratanews.polri.go.id- Untuk mendapat gambaran rencana mewujudkan Command Center Polda Kalsel yang terintegrasi melaksanakan pelayanan Kepolisian berbasis TI. Dan juga sebagai bahan analisa dan evaluasi untuk pimpinan dalam menentukan kebijakan pembangunan Command Center Polda Kalsel.

Polda Kalsel melakukan studi banding ke Command Center Polda Jatim dan ruang RTMC Polda Jatim, guna melihat keberadaan bangunan, sarana dan prasarana serta pengoperasional perangkat yang dimiliki Polda Jatim. Kegiatan ini dalam rangka peningkatan dan pengembangan fungsi regional traffic management center (RTMC) Polda Kalsel.

Rombongan yang dipimpin Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol E Zulpan, SIK MSi, Kasubbid Gakkum Ditlantas Polda Kalsel AKBP Afri Darmawan, Kabid TI Polda Kalsel AKBP I Nyoman Suparsa, Kabid Humas Polda Kalsel AKBP M Rifai SIK. Melihat sejauh mana keberadaan Command Center Polda Jatim dan ruang RTMC Polda Jatim bekerja.

Hal ini dikatakan, Kasubbid Gakkum Ditlantas Polda Kalsel AKBP Afri Darmawan, Senin (19/3/2018). Menurut Afri, rombongan Polda Kalsel yang melakukan kunker selama dua hari, Kamis (15/3) dan Jumat (16/3). Diterima oleh Karo Ops Polda Jatim Kombes Pol Drs Herry Sitompul, yang menjelaskan keberadaan ruangan Command Center Polda Jatim yang menggunakan desain ruangan moderen dengan layar monitor TV melengkung, dan Command Center Polda Jatim di back up menggunakan aplikasi Semeru.

“Konten yang tersedia pada Command Center Polda Jatim yakni, Contact Center 110, merupakan layanan panggilan dari masyarakat berbasis voice. Dapat melayani panggilan telpon dari selular dan telpon biasa (PSTN). Tersedia 5 agen (operator) untuk merespon panggilan dari masyarakat, panggilan Command Center 110 bersifat gratis. Command Center 110 Polda bekerja jika panggilan Command Center 110 pada suatu Polres dalam keadaan sibuk,” paparnya.

kunker jatim 2

Afri mengungkapkan, pengadaan Command Center 110 merupakan program Mabes Polri, dimana aplikasi Kresna Jatim merupakan aplikasi pelaporan online jajaran Intelkam Polda Jatim. Aplikasi ini memiliki 3 jenis laporan yaitu, laporan cepat, laporan informasi dan informasi khusus.

Command Center Polda Jatim dapat memantau atau menayangkan Gambar yang ditangkap oleh kamera drone. Aplikasi CCTV terdapat 70 titik kamera CCTV di dalam markas Polda Jatim dan masing 6 titik di seluruh jajaran Polres.

“Di Polda Jatim, aplikasi CCTV dengan polda face recognation, dan merupakan satu kesatuan aplikasi CCTV, yaitu terdapat aplikasi khusus yang terintegrasi dengan database DPO. Kamera yang digunakan memiliki kemampuan analitik. Sistem ini belum terintegrasi dengan sistem E-KTP. Polda Kalsel belum memiliki aplikasi ini,” ungkap Afri.

Aplikasi video call petugas di lapangan, merupakan aplikasi berbasis video yang dikembangkan oleh pengembang lokal Jatim. Tersedia  40 room conference  yang dapat ditampilkan pada seluruh command Center Polda dan Polres.

 

Penulis   : Anang

Editor     : Alfian

Publish   : Hamsan

 

 

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password