Bareskrim Sukses Ungkap Sindikat Perdagangan Manusia Bermodus Pengiriman TKI

tribratanews.polri.go.id – JAKARTA. Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri berhasil meringkus dua orang yang diduga melakukan tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Modus yang digunakan kedua pelaku adalah dengan melakukan pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Sudan.

Dalam kasus ini Bareskrim Mabes Polri turut menangkap seorang warga negara asing (WNA) asal Suriah, Mohammad Al Ibrahim, ia bertindak sebagai agen perdagangan manusia dengan dibantu seorang warga negara Indonesia (WNI), Budi Setyawan, yang berperan sebagai pihak sponsor.

Kasubdit III Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Mabes Polri, Kombes Pol. Ferdy Sambo mengatakan, “Pelaku bernama Budi berhasil ditangkap di kawasan Condet, Jakarta Timur. Sedangkan Mohammad Al Ibrahim berhasil diringkus di depan Sudirman Park Kuningan.”

Sindikat ini bergerak di dua kota besar di Indonesia, antara lain Jakarta dan Surabaya. Menurut informasi dari Bareskrim Mabes Polri, sejak November 2017 yang lalu, jaringan ini sudah mengirimkan 75 orang ke Sudan.

Menurut Kasubdit III Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Mabes Polri, “Pada korban itu direkrut kemudian diproses oleh saudara Budi dan dibawa ke tempat penampungan yang terletak di Gang Asem, Condet, Jakarta Timur. Setelah para korban ditampung, lalu mereka dijanjikan bekerja sebagai TKI dan diserahkan kepada Mohammad Al Ibrahim.”

Kombes Pol. Ferdy Sambo menuturkan, bahwa setibanya para korban di Sudan, mereka tidak mendapatkan pekerjaan sebagai seorang TKI. Para korban justru menerima perlakuan kasar hingga pelecehan seksual.

Terkait dengan kasus TPPO ini, para pelaku disangka melanggar Pasal 4 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang dan/atau Pasal 81 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pekerja Migran Indoesia.

(pr/lm/rp)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password