Polri : Pembobol ATM BRI Dengan Metode Skimming Terbagi Dalam Tiga Kelompok.

tribratanews.polri.go.id – JAKARTA. Kelompok yang melakukan skimming (pencurian data) di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Rakyat Indonesia (BRI) terbagi dalam tiga kelompok. Hal ini disampaikan oleh Direktur Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum) Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H.

“Pertama, penyedia alat-alat untuk melakukan skimming, yakni, software (perangkat lunak), hardware (perangkat keras), dan spy camera (kamera pengintai) yang berasal dari luar negeri.” Jelas Mantan Dir Resnarkoba PMJ tersebut.

WhatsApp Image 2018-03-18 at 11.25.40

Selanjutnya, kelompok kedua yakni bagian operasional yang bertugas untuk memasang alat-alat tersebut di sejumlah mesin ATM. Mesin ATM yang menjadi sasaran yakni ATM yang berada di tempat sepi, serta tidak melalui penjagaan dari petugas keamanan.

“Ketiga, kelompok yang berperan mengambil uang para nasabah tersebut. Biasanya uang jarang diambil tunai, melainkan via transfer, sebagian dipindahkan ke bitcoin untuk mempersulit penyelidikan.” ujar Dir Reskrimum PMJ.

(fr/lm/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password