Polda Metro Jaya Dan FBI Ciduk Surabaya Black Hat

tribratanews.polri.go.id-JAKARTA, Polda Metro Jaya bersama FBI mengamankan Ketua Komunitas Surabaya Black Hat (SBH), KPS (21), karena membobol ribuan situs, termasuk situs milik pemerintah Amerika Serikat.

Komunitas SBH berdiri sejak tahun 2012 dengan latar belakang tidak adanya wadah orang-orang IT untuk mengeksplor kemampuan mereka. Selain hacking, aktivitas kelompok ini mulai dari edit foto hingga desain grafis. KPS juga mengakui bahwa sebagian dari aktivitas hacking-nya yaitu mencari celah pada website yang ada. Setelah celah ditemukan, mereka akan menawarkan jasa untuk menutup celah tersebut.

Sementara itu, Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Roberto Pasaribu mengatakan bahwa SBH hanya membutuhkan waktu lima menit untuk membobol website tertentu.

Setelah diselidiki, latar belakang dari ketiga anggota SBH yang berhasil diamankan polisi merupakan mahasiswa aktif di STIKOM Surabaya, Jalan Raya Kedung Baruk 98 Rungkut.

“Memang benar demikian. Kami malah baru tahu (penangkapan tiga mahasiswanya) waktu mendapat kabar dari teman-teman wartawan. Ketiganya ditangkap Minggu (11/3),” jelas Head of Public Relation STIKOM Surabaya, Sugiharto Adhi Cahyono.

(img/lm/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password