Perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1940, Polda Bali Amankan Pawai Ogoh-ogoh di Simpang Tohpati Denpasar

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali – Parade Ogoh-ogoh dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1940 dilaksanakan di beberapa titik di Kota Denpasar, seperti halnya yang dilaksanakan di Simpang Tohpati (Catus Pata) Denpasar Timur, Jumat (16/3/2018). Parade ini rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai wadah kreatifitas Sekaa Teruna Teruni (STT) Kesiman. Untuk tahun ini, pelaksana parade dilaksanakan oleh Desa Kesiman Kertalangu.

WhatsApp Image 2018-03-16 at 22.04.20Sebanyak 29 Ogoh-ogoh dari tiga Desa Dinas yakni Desa Kesiman Kertalangu, Desa Kesiman Petilan dan Kelurahan Kesiman ikut dalam parade tersebut. Ada dua kategori penilaian dalam parade ini yaitu penilaian di tempat yang sudah dilaksanakan pada tanggal 10 dan 11 Maret lalu. Sementara, untuk malam ini merupakan kategori kedua yaitu penilain antraksi.

Acara yang dimulai sekitar pukul 19.30 Wita ini dibuka secara resmi oleh PLT Walikota Denpasar I G. N. Jaya Negara ditandai dengan pemukulan kentongan. Ribuan masyarakat yang ingin melihat langsung jalannya parade ini memadati Simpang Tohpati. Tidak hanya itu, wisatawan asing juga tampak hadir untuk menyaksikan pelaksanaan parade tahunan ini.

Direktur Reserse Narkoba (Dir Resnarkoba) Polda Bali, Kombes Pol. Muhammad Arief Ramdhani, S.I.K. selaku Koordinator Pengamanan Simpang Tohpati mengatakan bahwa Polda Bali menerjunkan puluhan personel untuk mengamankan kegiatan ini. Petugas melaksanakan pengamanan dengan ketat dan disebar di empat zona yaitu utara, timur, barat dan selatan.

Dalam pengamanan ini juga melibatkan unsur TNI, Dishub, Sat Pol PP dan Pecalang. Hal ini sebagai wujud sinergitas antara pihak kepolisian dengan aparat penegak hukum lainnya guna memaksimalkan pengamanan event tahunan ini.

Pada kesempatan tersebut, Kombes Pol. Muhammad Arief Ramdhani, S.I.K. meminta agar para peserta tetap menjaga kenyamanan dan keamanan selama pelaksanaan parade. Selain itu, perwira melati tiga di pundak ini berharap anak-anak muda untuk tidak ada yang mengkonsumsi minuman beralkohol.

“Dengan tetap menjaga keamanan dan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol maka hal-hal yang kita tidak inginkan dapat dihindari. Sehingga umat Hindu dapat melaksanakan perayaan Hari Suci Nyepi dengan aman, nyaman dan tenang,” ungkap Kombes Pol. Muhammad Arief Ramdhani, S.I.K.

Penulis  : Arya

Editor    : Swanjaya

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password