Bhayangkari Polda Papua Sosialisasikan Deteksi Dini Kanker Serviks

Tribratanews.polri.go.id. Polda Papua – Kegiatan sosialisasi dan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dalam rangka HUT yayasan Kemala Bhayangkari ke 38 tahun. Jumat (16/03/18)

Kegiat yang dilaksanakan di aula koesjaeri Mako Brimob Polda Papua dihadiri oleh wakil ketua yayasan Kemala Bhayangkari daerah Papua Ny Juay Mulyadi Kaharni, Kabiddokes Polda Papua Dr. Ramon Amiman, ibu ibu PJU Polda Papua, para pengurus Bhayangkari daerah Papua, pengurus Bhayangkari daerah Papua cabang Brimob, perwakilan dari BPJS, Dinas kesehatan kota Jayapura dan masyarakat sekitar.

Sambutan Kabiddokes Polda Papua Kombes Pol. Dr. Ramon Amiman mengatakan Iva tes mulai populer ketika meninggalnya almarhum Julia Perez, untk itu bapak presiden Jokowi menginstruksikan kepada rumah sakit seluruh Indonesia melaksanakan iva tes, Karena untuk pemeriksaan Iva tes ini sangat cepat dilakukan.

Wakil ketua Bhayangkari daerah Papua ibu Juay Mulyadi Kaharni mengatakan permohonan maaf karena ibu ketua tidak bisa menghadiri kegiatan ini Karena masih mendampingi bapak Kapolda Papua melaksanakan kunjungan kerja di kabupaten Merauke.

“Terimakasih kepada biddokes Polda Papua, pihak BPJS kota Jayapura dan pihak dinas kesehatan kota Jayapura yang telah membantu pemeriksaan tes kanker serviks higga acara selesai,” Tutur Wakil Ketua Bhayangkari.

Adapun sosialisasi bahaya kanker serviks di sampaikan oleh Dr. Leonard.R.I.Philipus salah satu dokter pada Rumkit Bhayangkara Polda Papua mengatakan bahwa Kanker serviks adalah jenis penyakit kanker rahim sehingga terjadi pembengkakan pada kelenjar wanita.

Untuk pemeriksaan Iva tes ini merupakan salah satu langkah awal untk mengetahui dan mencegah terjangkit penyakit kanker serviks, Ibu – ibu yang pernah melakukan hubungan seksual, tidak sedang hamil, berusia di atas 20 tahun, tidak sedang hamil dan tidak sedang datang bulan serta 24 jam sebelumnya tidak melakukan hubungan seksual.

Apabila salah satu pasien ada yang teridentifikasi penyakit kanker serviks maka akan di rekomendasikan untuk pemeriksaan lebih lanjut pada dokter untuk mengambil langkah selanjutnya. Pemeriksaan skrining kanker serviks dapat di lakukan cara inveksi visual pada serviks dengan aplikasi asam asetat.

Gejala kanker servik salah satunya adalah ketika berhubungan seksual selalu mengeluarkan darah, untuk gejala kanker serviks pada umumnya penyerang usia di atas rata rata 30 – 35 tahun, Karena ini adalah masa usia produktif. pemeriksaan tes Iva diikuti 200 orang.

Penulis : Fajar Surya Irianrto

Editor : Alfian Nur

Publish : Vickhy Merani

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password