‘Cyber Patrol’ Polda Kalsel Selidiki 6 Situs di Medsos

Tribratanews.polri.go.id- Kapolda Kalsel Brigadir Jenderal Rachmat Mulyana memerintahkah jajaran semua Polres se-Kalsel rutin melakukan cyber patrol—tim khusus kepolisian yang memantau linimasa media sosial. Menurut dia, polisi mesti aktif menyisir kiprah serta keberadaan situs-situs di media sosial.
“Kami sudah perintahkan tiap polres melaksanakan cyber patrol, kita tak ingin kecolongan tiap link di medsos dibuka dan diikuti pergerakannya,” ujar Brigjen Rachmat Mulyana usai membuka Deklarasi Anti Hoax di Mako Brimob Polda Kalsel Banjarbaru, Jumat (16/3/2018).
Rachmat mengungkapkan, pihaknya sudah memantau tujuh situs yang kerap melakukan ujaran kebencian di media sosial di Kalsel. Berkas perkara satu orang yang melakukan ujaran kebencian sudah P21, sementara enam situs lainnya masih terus dilakukan proses lidik.
“Enam situs ini terus dipantau, apakah masih terus melakukan ujaran kebencian atau tidak, pergerakannya terus dipantau setiap hari,” paparnya. Namun, Rachmat tak merinci akun situs hate speech tersebut.
Seperti pernah diberitakan banjarhits.id, berkas perkara milik tersangka Hyde Hidelxy Arya Heyden sudah dinyatakan lengkap alias P21. Pemilik akun instagram @Hyde Hideki Hayden, itu merisak dan melecehkan ulama kharismatik asal Banjar, Muhammad Zaini bin Abdul Gani atau Guru Sekumpul lewat unggahan tak senonoh.
“Kasus penghinaan ulama Guru Sekumpul yang melibatkan tersangka pemilik akun Hyde Hideki Hayden, berkasnya dinyatakan lengkap oleh Kajati kalsel. Untuk itu pihak Ditkrimsus Polda Kalsel segera menyiapkan pelimpahan tahap kedua ke Kajati Kalsel,” kata Kombes Rizal didampingi Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Kalsel AKBP Zaenal Arifien.
Menurut Rizal, tersangka Arya Heyden disangkakan melanggar Pasal 45 ayat 3 dan atau Pasal 45 A ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
Rizal meminta masyarakat tetap tenang dan tak terpancing provokasi. Habib Salim, kata Rizal, juga sudah menerima penjelasan tentang prosesnya dari Kasubdit II AKBP Zaenal Arifin. “Beliau (Habib Salim) akan ikut menenangkan warga. Kasusnya sudah ditangani melalui mekanisme hukum,” katanya.
Akun Facebook dan Instagram dengan nama Hyde Hideki Hayden sempat mengunggah konten yang diduga mengandung unsur pelecehan hingga menyulut emosi warganet. Pada Jumat, 19 Januari 2018, puluhan massa sempat mendatangi Kantor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalimantan Selatan karena mendapat kabar bahwa pemilik akun menyerahkan diri.
penulis     : Anang
editor       : Alfian
publish    : Hamsan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password