Kunjungi Panti Asuhan, Bhabinkamtibmas Polsek Rappocini Berikan Pembinaan kepada Anak Yatim

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Wujud kepeduliaan Polisi terhadap anak – anak, Bhabinkamtibmas Polsek Rappocini berkunjung dan bersilaturahmi kesalah satu Panti Asughan di Jalan Toddopuli Makassar untuk memeberikan pembinaan terhadap anak-anak di daerah Rappocini Polsek, Kamis (15/03/18).

Panti Asuhan yang menampung 35 (tiga puluh lima) anak yatim piatu tersebut dengan senang hati menerima kujungan Bhabinkamtibmas Polsek Rappocini. Dalam kesempatan tersebut Brigpol Sulaiman memberikan himbauan dan nasehat kepada 35 (tiga puluh lima) anak yatim piatu yang menghuni Panti Asuhan tersebut agar tidak terpengaruh dengan pergaulan bebas yang sangat marak terjadi di kalangan anak-anak dan remaja seperti mereka.

“Pada umur mereka saat ini sangat rentan untuk ikut-ikutan terhadap pergaulan bebas seperti menghisap lem, obat- obatan terlarang dan bahkan mungkin menjadi pelaku penyebaran berita –berita bohong atau hoax”,  ujar Brigpol Sulaiman.

Pada kunjungan dan silaturahmi tersebut tak lupa Brigpol Sulaiman juga memberikan pesan Kamtibmas kepada pengurus Panti Asuhan untuk terus memberikan perhatian terhadap tumbuh kembang dan membimbing pergaulan ke-35 (tiga puluh lima) anak Panti Asuhan agar mereka dapat bertumbuh dengan baik terlebih khusus dalam akhlak mereka.

Diakhir kunjungan itu Brigpol Sulaiman memberikan satu pesan kamtibmas lagi untuk ke-35 (tiga puluh lima) anak Panti Asuhan agar mereka lebih mengedepankan prestasi kerena mereka pastinya memiliki cita-cita yang harus mereka raih  dan tak lupa meningkatkan akhlak kepada Tuhan yang Maha Esa.

Kunjungan dan silaturahmi Bhabinkamtibmas Polsek Rappocini yang memberikan catatan kecil untuk ke- 35 (tiga puluh lima) anak yatim piatu tersebut, diharapkan dapat membangun karakter mereka sebagai para penerus bangsa agar memiliki nilai juang yang tinggi untuk masa depan mereka.

Kepedulian Bhabinkamtibmas Polsek Rappocini kepada anak yatim memiliki keutamaan yang agung disisi Allah ta’ala, dari Sahl bin Sa’ad Radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya. (HR al-Bukhari no. 4998 dan 5659)

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan dan pahala orang yang meyantuni anak yatim, sehingga imam al-Bukhari rahimahullah mencantumkannya dalam bab: Keutamaan Orang Yang Mengasuh Anak Yatim.

Disalin dari almanhaj.or.id berikut beberapa faidah penting yang terkandung dalam hadits diatas :

  • Makna hadits ini: orang yang menyantuni anak yatim di dunia akan menempati kedudukan yang tinggi di surga dekat dengan kedudukan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
  • Arti “menanggung anak yatim” adalah mengurusi dan memperhatikan semua keperluan hidupnya, seperti nafkah (makan dan minum), pakaian, mengasuh dan mendidiknya dengan pendidikan Islam yang benar.
  • Yang dimaksud dengan anak yatim adalah seorang anak yang ditinggal oleh ayahnya sebelum anak itu mencapai usia dewasa.
  • Keutamaan dalam hadits ini berlaku bagi orang yang meyantuni anak yatim dari harta orang itu sendiri atau harta anak yatim tersebut jika orang itu benar-benar yang mendapat kepercayaan untuk itu.
  • Demikian pula, keutamaan ini berlaku bagi orang yang meyantuni anak yatim yang punya hubungan keluarga dengannya atau anak yatim yang sama sekali tidak punya hubungan keluarga dengannya.

Penulis : Marwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password