Ketua Bhayangkari Daerah Jatim Berikan Edukasi Disiplin Sejak Dini Kepada 300 Siswa siswi

Tribratanews.polri.go.id, Polrestabes Surabaya Polda Jatim –  Berikan edukasi kepada anak-anak tentang tertib berlalu lintas melalui sebuah permainan dan simulasi, Pengurus Bhayangkari Cabang Kota Besar Surabaya gelar kegiatan Polisi Sahabat Anak. Sebanyak 300 siswa siswi TK dan SD Kemala Bhayangkari se Kota Surabaya hadir dalam kegiatan tersebut.

Aksi ini merupakan sarana edukasi dalam bentuk simulasi dan mainan kepada anak anak, sehingga mereka bisa memahami tentang keselamatan lalu lintas serta jenis kejahatan yang korbannya adalah anak-anak.

Acara ini dibuka langsung oleh Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Timur, Lita Machfud Arifin di Graha Bhara Dhaksa Polrestabes Surabaya, Kamis (15/3/2018).

Dalam sambutannya, istri Kapolda Jatim ini mengatakan, acara ini sekaligus dalam rangka Hari Ulang Tahun Yayasan Kemala Bhayangkari ke-38 tahun 2018. “Sesuai dengan instruksi Yayasan Kemala Bhayangkari pusat, untuk anak-anak TK, SD, SMP dan SMA, di lingkungan Kemala Bhayangkari,” jelasnya.

Namun kali ini, edukasi ditekankan kepada anak-anak usia TK dan SD. Menurut Lita, pada usia dini yang merupakan periode emas bagi perkembangan anak, yang juga sebagai periode kritis pada anak-anak.

DSCF1834“Dimana perkembangan yang didapat pada periode ini, akan sangat mempengaruhi hingga masa dewasanya nanti,” imbuhnya.

Salah satu edukasi yang diajarkan melalui simulasi dan mainan adalah tertib berlalu lintas. Dengan mengajak anak anak usia dini, Lita berharap dapat menularkan tertib lalu lintas kepada orang tua masing-masing dengan cerita mereka.

“Anak-anak pun dapat mengingatkan orang tua untuk tertib berlalu lintas,” ujarnya.

Selain itu, melalui kegiatan ‘Polisi Sahabat Anak’, Lita berharap, anak-anak paham pada tugas mulia Kepolisian, punya Jiwa Satria, Jujur, dan Disiplin, yang dapat dicontoh. “Sehingga menjadi karakter pada saat dewasa nanti, juga tidak fobia dengan Polisi, bahkan merasa bangga pada Polisi, sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat,” tandasnya.

HUT ke 38 Yayasan Kemala Bhayangkari tahun 2018, ‘Polisi Sahabat Anak’. Mengambil tema “Sosialisasi Keselamatan Berlaku Lintas, Anti Narkoba, Jauhi Pornografi, Hindari Bully, Waspada Radikalisme, Tolak Kekerasan dan Pelecehan Seksual Terhadap Anak”.

Sejumlah boot telah dipersiapkan oleh panitia yang didalamnya terdapat Bapak Ibu Polisi dari masing-masing Fungsi Opsnal di Polrestabes Surabaya. Hal ini sebagai sarana perkenalan kepada anak-anak terhadap tugas-tugas dari Kepolisian sekaligus menanamkan budaya tertib dan disiplin sejak dini. Didampingi Ibu Diana Rudi Setiawan (Ketua Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari Cabang Kota Besar Surabaya), Ibu Lita diajak berkeliling melihat satu demi satu stan yang telah disiapkan.

Penulis : Humas Tabes

Editor : Alfian Nurnas

Publish : Umam

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password