Pembukaan Gelar Kemah Kebangsaan, Kapolda Sulbar : Jadilah Generasi yang Berkepribadian Pancasila di Landasi Iman dan Taqwa

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Gerakan pramuka dilakukan sebagai upaya membentuk laskar dan martabat agar kelak menjadi manusia bangsa indonesia yang berkepribadian pancasila dilandasi dengan iman dan taqwa.

“Memiliki mental, moral, budi pekerti, disiplin, memiliki kecerdasan dan ketrampilan, kuat dan sehat fisiknya, serta berdedikasi tinggi”.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kapolda Sulbar saat memimpin upacara pembukaan gelar kemah kebangsaan atau selapa 2018 yang di selenggarakan di lingk. Barane dhua Kab. Majene.

Turut hadir Dir Binmas dan Dir Polair Polda Sulbar, Kapolres Majene, Bupati Majene atau yang mewakili, Kapolsek Banggae, Camat Banggae Timur, Kawartir Cab. Majene dan Polman serta seluruh adik-adik pramuka.

Gelar kemah kebangsaan kali ini mengangkat tema ”dengan semangat kebersamaan kita tingkatkan soliditas dan sinergitas pramuka binaan TNI-POLRI dan kwartir daerah gerakan pramuka di wilayah provinsi sulawesi barat tahun 2018 ”, Rabu (14/3/18).

Kapolda sulbar dalam amanatnya juga mengatakan kita tentu mengetahui singkatan ”pramuka” yakni praja muda karana yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. ”pramuka” merupakan sebutan bagi anggota gerakan pramuka yang meliputi pramuka siaga, pramuka penggalang, pramuka penegak dan pramuka pandega dan pramuka lainnya seperti Saka Kartika dan Saka Bhayangkara.

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti.

Tujuan penyelenggaraan gelar kemah kebangsaan ini adalah untuk menyatukan seluruh potensi pramuka yang ada di sulawesi barat dalam membentuk pribadi-pribadi yang handal yang akan mampu menjadi pion-pion kedamaian dilingkungan masyarakat.

Dengan tujuan adik-adik mampu menjadi pelopor dan penggerak kaum muda, yang saat ini rentan dengan berbagai bentuk serangan yang akan menggagalkan cita-cita dan merugikan masa depan bangsa. Karena pada pundak adik-adiklah tanggung jawab terhadap bangsa ini dimasa mendatang.

Oleh karena itu kami berharap selama adik-adik mengikuti kegiatan gelar kemah kebangsaan ini, belajarlah untuk memanfaatkan waktu menambah wawasan tentang kebangsaan dan bekerjasama, perkokoh keimanan kalian. Jangan mudah terprovokasi dengan informasi-informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, serta selektif dalam pemanfaatan media sosial.

“Gunakan media sosial untuk kepentingan pengetahuan bukan untuk belajar hal-hal yang dapat merugikan adik-adik sekalian”, Imbau Kapolda.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolda juga mengingatkan kepada adik-adik pramuka untuk tidak lupa beribadah, Jaga kekompakan dalam situasi apapun dan junjung tinggi persahabatan serta jaga kesehatan selama mengikuti kegiatan ini.

Selain itu, amalkan nilai-nilai pancasila dalam latihan pramuka ini serta dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat terakhir Jadilah manusia yang unggul dan menang dalam kebaikan, ungkap Kapolda.

Dari informasih yang dihimpun Gelar kemah kebangsaan di ikuti oleh 19 pangkalan yang terdiri dari pangkalan SD, SMP dan SMA dari Kab. Majene dan Polman serta lomba akan berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 14 hingga 17 maret 2018.

Dalam pelaksanaannya kegiata juga dirangkaikan dengan penyerahan cendra mata saka bhayangkara kepada Kapolda Sulbar yang diwakilkan oleh Kapolsek Banggae AKP Muh. Ikhsan, SH.

Penulis : Humas Polda Sulbar

Editor   : Alfian

Publish : Andi Srirahayunita

Admin Polri55933 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password