Makna Tiga Bintang Kehormatan TNI untuk Kapolri

tribratanews.polri.go.id – JAKARTA, Penghargaan ialah sesuatu yang diberikan kepada seseorang atau instansi karena prestasi atau jasa-jasa tertentu. Kapolri Jenderal M Tito Karnavian PhD mendapatkan penghormatan tiga Bintang Utama dari TNI, masing-masing Bintang Kartika Eka Paksi Utama dari AD, Bintang Jalasena Utama dari AL, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa dari AU, di Gedung Soedirman, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (14/3/2018).

Momentum ini sangat penting bagi pribadi Kapolri terlebih bagi institusi Polri dan TNI, sebagai garda utama tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kedua institusi ini harus menjawab tantangan dinamika perubahan Sosial Politik  masyarakat Indonesia yang sedang dihadapkan pada perubahan konstelasi  Politik Internasional. Arus perubahan sosial politik ekonomi dan budaya internasional sudah barang tentu berdampak pada situasi Nasional. Inilah yang harus direspon oleh TNI -Polri bersama seluruh potensi masyarakat untuk senantiasa menjaga keutuhan NKRI dan  keberlanjutan pembangunan Nasional.

Dasar pemikiran ini bukan tanpa alasan, karena hakekat ancaman tantangan hambatan dan gangguan sudah bisa dirasakan ditengah-tengah masyarakat. Hal-hal yang perlu diwaspadai antara lain, penyeludupan manusia (human trafficking), pencurian ikan (illegal fishing), penambangan liar (illegal mining), terorisme,  narkoba, masalah hoax lewat media sosial dan online.  Semua masalah itu tidak mungkin akan bisa dijawab oleh institusi Polri sendiri, tetapi harus melibatkan kerjasama dengan TNI dan semua kekuatan masyakarat.

Pada saat ini kerjasama itu terasa sangat baik, terbukti banyak keberhasilan Polri yang dibantu oleh TNI dan instansi lain dalam pengungkapan pelanggaran-pelanggaran  kriminal.  Misalnya dibongkarnya kasus Narkoba dengan barang bukti yang besar sampai 1,6 ton, kasus pencurian ikan oleh nelayan asing, kasus berita hoax lewat media sosial dan online, kasus terorisme dan sebagainya.

Hal-hal diatas menjadi ancaman dan gangguan faktual terhadap tegaknya NKRI yang harus direspon bersama TNI-Polri  dan masyarakat agar pembangunan Nasional  berjalan lancar dan aman. Soliditas hubungan TNI-Polri menjadi suatu keniscayaan terbukti adanya pengakuan TNI dengan menganugerahkan Tiga Bintang Utama TNI untuk Kapolri.

Lebih dari itu TNI-Polri saat ini juga dihadapkan dengan tugas di depan mata yaitu pengamanan Pemilu Kepala Daerah serentak se-Indonesia dan Pileg, Pilpres tahun depan. Tingginya ancaman konflik sosial ditengah-tengah masyarakat mengharuskan TNI-Polri harus satu visi dalam menciptakan keamanan yang kondusif bersama potensi kekuatan masyarakat agar Pemilu berjalan aman dan lancar di seluruh wilayah Republik Indonesia.

 

(dc/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password