Kapolres Melawi Gencar Gelorakan Anti HOAX dan Sara

6CECCA36-F731-4901-8BF4-C03B270234C1

 

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar -Polres Melawi, Kepala Kepolisian Resor Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S. IK, M. Si didampingi Kasat Binmas AKP TP. Marbun melaksanakan silaturrahmi sambangi Ketua Mui Kabupaten Melawi, Ormas Persatuan Orang Melayu ( POM ), Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda Kabupaten Melawi untuk mendeklarasikan masyarakat Anti HOAX, Selasa ( 13/3/2018 ) pagi.

Sillahturahmi yang penuh dengan keharmonisan serta kekeluargaan ini, membawa pesan yang mendalam tentang deklarasi Anti Hoax, Hate Speech ( ujaran kebencian ) dan isu Sara.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S. IK, M. Si menyampaikan, maraknya informasi dan berita yang beredar di media sosial cenderung mengganggu situasi keamanan dan ketertiban masyarakat sehingga dibutuhkan sikap dan komitmen bersama dari seluruh lapisan masyarakat untuk cerdas dalam menggunakan media sosial serta mampu menangkis seluruh informasi yang bersifat Hoax, ujaran kebencian dan sara yang dapat memecah belah NKRI ini, tegasnya.

Fadlin menambahkan, pihaknya gencar mengajak masyarakat Kabupaten Melawi agar cerdas dalam menggunakan media sosial, jangan mau diprovokasi dan memprovokasi, jangan menyebarkan berita yang bersifat fitnah, ujaran kebencian bahkan berita yang belum tentu akan kebenarannya atau Hoax karena sangsi Hukum sudah jelas yang tercantum dalam Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Undang-Undang ITE didalam pasal itu disebutkan, “Setiap orang yang dengan sengaja dan atau tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, ancamannya bisa terkena pidana maksimal enam tahun penjara dan denda maksimal Rp 1 milliar, oleh sebab itu dalam rangka menjaga situasi kamtibmas jelang Pilkada Kalbar yaitu Pilgub dan Wagub yang jatuh pada bulan Juni 2018 mendatang dihimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Melawi mari kita bersatu padu deklarasi Anti Hoax, Hate Speech dan Sara agar pesta demokrasi yaitu Pilkada 2018 berjalan dengan Aman, Damai serta Bermartabat, pesannya.

Penulis : Oktavianus
Editor : Alfian Nurnas / Nanang. P
Publish : Dikta

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password