Irwasda Polda Bali Terima Kunjungan Panitia Pelaksana Gema Tabligh Akbar

7

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Forum Peduli NKRI selaku panitia penyelenggara Tabligh Akbar yang bekerjasama dengan Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Bali mendatangi Polda Bali. Kedatangannya diterima Irwasda Polda Bali Kombes Pol. Drs. Wahyono, M.Hum. didampingi Kasubdit IV Direktorat Intelkam Polda Bali, AKBP Saiful Alam, S.H., S.I.K., M.H., Rabu (14/3/2018) pukul 13.00 Wita.

Selain untuk bersilaturahmi, pertemuan yang berlangsung di Ruang Kerja Irwasda Polda Bali itu juga membahas tentang rencana penyelenggaraan kegiatan Tabligh Akbar di Masjid Agung Sudirman, Jalan Slamet Riyadi, Denpasar yang akan digelar pada hari Senin (19/3) pukul 18.00 Wita. Gema Tabligh Akbar dengan tema “Pancasila sebagai Refleksi dari Falsafah Budaya Bangsa dan Islam” akan dihadiri sekitar 5000 jamaah, terdiri dari umat Islam se-Bali, Organisasi Kepemudaan, Forkopimda Provinsi Bali, Tokoh Lintas Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pendidikan dan Budayawan.

Ketua Panitia Pelaksana, Mocka Jadmika mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempertegas bahwa pada dasarnya, Islam dan Pancasila adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, sebab keduanya bertujuan mewujudkan perdamaian di muka bumi. Selain itu, Gema Tabligh Akbar ini juga untuk mensosialisasikan secara lebih luas di kalangan umat Islam agar harmonisasi Islam dan Pancasila untuk mengaktualisasikan secara nyata dan kongkrit dalam kehidupan bernegara, berbangsa dan sosial kemasyarakatan dengan berlandaskan moral dan akhlak agama dan bangsa.

Menurutnya, rumusan Pancasila sebagaimana tertuang dalam dalam UUD 1945 merupakan refleksi dari falsafah dan budaya bangsa, termasuk di dalamnya bersumber dan terinspirasi dari nilai-nilai dan ajaran agama yang dianut bangsa Indonesia. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa Islam sebagai agama yang dipeluk secara mayoritas oleh bangsa ini tentu memiliki relasi yang sangat kuat dengan nilai-nilai Pancasila.

“Kegiatan Tabligh Akbar akan dikemas dalam bentuk tausiyah keagamaan oleh penceramah utama, Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi Bin Ali Bin Yahya yang diisi dengan sesi tanya jawab antara penceramah utama dengan para jamaah,” kata Mocka Jadmika.

Menanggapi hal itu, Kombes Pol. Drs. Wahyono, M.Hum. menyampaikan Kepolisian Daerah Bali mendukung kegiatan tersebut. Polda Bali bersama Polresta Denpasar akan menerjunkan sejumlah personel untuk melaksanakan pengamanan terbuka dan tertutup agar seluruh rangkaian Gema Tabligh Akbar ini berjalan dengan aman dan lancar. “Kita bersama unsur terkait lainnya berkoordinasi agar kegiatan berjalan sukses,” ucapnya.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Swanjaya

Publish : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password