Jelang HUT YKB ke-38, Bhayangkari Sulut Gelar Pemeriksaan Kesehatan dan Dialog Pencegahan Penyakit Degeneratif

20180314_123831

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Kepedulian terhadap kesehatan kembali ditunjukkan Bhayangkari Sulawesi Utara. Melalui Yayasan Kemala Bhayangkari, organisasi isteri para anggota Polri ini bekerja sama dengan Bidang Dokkes Polda Sulut dan dokter mitra melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan dialog tentang pencegahan penyakit degeneratif, di aula Catur Prasetya Polda Sulut, Rabu (14/3/2018).

Kegiatan tersebut diikuti oleh Bhayangkari, anggota Polri dan PNS Polri Polda Sulut. Hadir juga Kapolda Sulut Irjen Pol Drs. Bambang Waskito bersama Ketua Bhayangkari Sulut yang juga selaku Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) Sulut, Ny. Ruthy Bambang Waskito bersama staf serta para PJU Polda.

“Kegiatan ini dalam rangka HUT Yayasan Kemala Bhayangkari ke-38, guna mewujudkan keluarga Polri yang sehat dan sejahtera,” ujar Ketua YKB Sulut.

Sebagaimana diketahui, dari data WHO tentang penyakit degeneratif, menunjukkan bahwa dari 57 juta kematian yang terjadi di dunia ada sebanyak 36 juta atau hampir 2/3% disebabkan oleh penyakit degeneratif dan terjadi peningkatan yang signifikan 10 tahun terakhir ini.

Sementara itu menurut Kapolda, saat ini fenomena yang ada, anggota Polri masih dinas aktif meninggal dunia dikarenakan penyakit degeneratif tersebut.

“Di lingkup Polda Sulut sendiri berdasarkan hasil rikkes berkala terdapat 5 penyakit menonjol yang diderita personil Polda Sulut antara lain obesitas, hipertensi, diabetes militus, profil lemak dan fungsi lever,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini banyak disebabkan oleh pola hidup anggota Polda Sulut yang masih sangat buruk, yaitu makan berlebihan, merokok dan jarang berolahraga. “Tentunya hal ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk bisa merubah pola hidup yang buruk menjadi pola hidup sehat bagi seluruh anggota jajaran Polda Sulut tercinta ini,” katanya.

Kegiatan dialog tentang pencegahan penyakit degeneratif ini, katanya merupakan kegiatan preventif yang sangat dibutuhkan untuk pencegahan peningkatan kasus penyakit degeneratif secara tepat.

Kapolda juga mengatakan saat ini RS Bhayangkara Tingkat III Polda Sulut telah melakukan peningkatan pelayanan dengan mengadakan alat hyperbarik chamber yang dapat digunakan untuk pengobatan penyakit degeneratif. Sehingga beliau berharap nantinya para anggota yang menderita penyakit degeneratif dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan tersebut.

“Saya selaku Kapolda Sulut sangat mengapresiasi kegiatan ini, saya ucapkan banyak terima kasih kepada Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Sulawesi Utara dan kepada para narasumber yang akan memberikan materi penyuluhan serta panitia penyelenggara kegiatan ini dan saya berharap semoga kegiatan ini dapat terus berkesinambungan pada tahun-tahun mendatang,” tandas Kapolda.

Dalam kegiatan dialog kesehatan tersebut juga hadir para narasumber dari berbagi disiplin ilmu kedokteran diantaranya dr. Vivi Cornelis, Sp.S, dr. Victor Josep, Sp.Jp dan dr. Nelly Moyulu, Sp.Gk.

Penulis: Supri
Editor: Alfian
Publish: Roni

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password