Antisipasi Penyelewengan, Bhabinkamtibmas Turun Langsung Bagikan Beras Raskin

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Untuk menghindari terjadinya penyelewengan pendistribusian raskin kepada masyarakat yang tidak mampu dan yang berhak menerimanya. Menanggapi hal tersebut Bhabinkamtibmas Desa Paenre Lompoe dan Desa Bontosunggu (PALOMBOS) POLSEK Gantarang Polres Bulukumba AIPDA MUSAFIR melaksanakan kunjungan kepada warga desa bontosunggu yang kurang mampu dan yang mana diketahui bahwa warga tersebut tidak bisa datang kekantor desa bontosunggu menerima Beras raskin(RASKIN) karena sudah lanjut usia,Kunjungan tersebut dirumah warga Per SATTIA, per DARLIA dan Lel. LALI Desa Bontosunggu  Kecamatan gantarang Kabupaten Bulukumba, Selasa tanggal  13 Maret 2018 Jam 10.15  wita.

Setelah mendata dan membagikan Beras Miskin (RASKIN) di Kantor Desa Bonto Sungguh, melihat ada Warga yang tidak datang dan atas Informasi dari masyarakat bahwa Per SATTIA, per DARLIA dan Lel. LALI sudah lanjut usia, maka AIPDA MUSAFIR langsung mendatangi/mengunjungi warga tersebut dengan membawa sendiri Beras Miskin (RASKIN) kerumah warga tersebut.

Pembagian Beras Miskin (RASKIN) ini merupakan program pemerintah yang diperuntukkan kepada masyarakat golongan kurang mampu, untuk itu selaku Bhabinkamtibmas  sudah semestinya melakukan pengawasan secara melekat terhadap pembagian raskin, yang mana  dilaksanakan di Desa binaanya guna menghindari terjadinya penyalah gunaan wewenang dan salah sasaran.

“Beras raskin itu sendiri diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu dan bertujuan agar penyaluran beras Miskin (RASKIN) ini tepat sasaran serta mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang mungkin timbul pada saat pembagian beras raskin kepada warga yang berhak. Sehingga pengawalan dan pemantauan dilakukan oleh pihak Kepolisian secara berkesinambungan dapat terlaksana dengan baik.” ujar AIPDA MUSAFIR

“Kapolres Bulukumba AKBP AKBP M.Anggi Naulifar Siregar,S.Ik,M.Si mengatakan” agar pendistribusian raskin tepat sasaran, Jangan sampai Beras Miskin (RASKIN) tidak dibagikan secara merata, dan jangan sampai yang tidak berhak dan orang yang mampu mendapat jatah juga,” tegasnya. (Humas Polres Bulukumba)

Kepedulian Aipda Musafir mengantar langsung beras raskin kepada warga miskin merupakan wujud empati Polri kepada masyarakat, apalagi sasaran program ini adalah warga miskin yang membutuhkan bantuan. Dalam Islam membantu orang miskin mempunyai keutamaan yang besar sebab hal itu membuktikan keimanan seorang muslim, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ’anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah Azza wa Jalla senantiasa akan menolongnya. Barangsiapa melapangkan kesulitan orang Muslim, maka Allah akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari Kiamat dan barangsiapa menutupi (aib) orang Muslim, maka Allâh menutupi (aib)nya pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban)

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang maknanya), “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat.”

Karena balasan itu sesuai dengan jenis perbuatan. Hadits-hadits tentang masalah ini banyak sekali, misalnya sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Sesungguhnya Allah menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan lainnya dari Usamah bin Zaid Radhiyallahu anhu).

Seorang Muslim hendaknya berupaya untuk membantu Muslim lainnya. Membantu bisa dengan ilmu, harta, bimbingan, nasehat, saran yang baik, dengan tenaga dan lainnya.

Seorang Muslim hendaknya berupaya menghilangkan kesulitan atau penderitaan Muslim lainnya. Bila seorang Muslim membantu Muslim lainnya dengan ikhlas, maka Allah Azza wa Jalla akan memberikan balasan terbaik yaitu dilepaskan dari kesulitan terbesar dan terberat yaitu kesulitan pada hari Kiamat.

Oleh karena itu, seorang Muslim mestinya tidak bosan membantu sesama Muslim. Semoga Allah Azza wa Jalla akan menghilangkan kesulitan kita pada hari Kiamat.

Penulis : Qadri

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password