Tim Gabungan Karhutla Gencar Sampaikan Himbauan

Tribratanews.polri.go.id,Polda Kalbar-
Polres Sintang-Dalam upaya menekan karhutla di wilayah kec.Sepauk dan sekitarnya , tim terpadu gencarkan kegiatan himbauan kepada masalah karhutla, Senin (12/03/2018).

Melalui kegiatan himbauan karhutla ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang dampak buruk yang diakibatkan karhutla , sehingga masyarakat meninggalkan kebiasaan membuka lahan pertanian dengan cara pembakaran.

Pada kegiatan ini tim terpadu juga menyampaikan peraturan pemerintah tentang larangan membuka lahan pertanian /perkebunan dengan cara di bakar serta ancaman pidananya sebagai mana yang telah di atur dalam UU no 41 th.1999 tentang kehutanan, UU no.32 th.2009 tentang perlindungan dan pengelolahan lingkungan hidup dan UU no.39 th.2014 tentang perkebunan.

Pada kesempatan ini salah seorang warga yaitu Sdr.Yamin yang di temui pada himbauan ini mengatakan terima kasih telah diberikan himbauan karena sebelumnya dia tidak mengerti tentang larangan membuka lahan pertanian dengan cara di bakar dan ada sanksinya , kalau seperti ini saya juga mendukung kegiatan ini , “ucapnya .

Kapolsek Sepauk Ipda Wargo Suwarso yang di tempat terpisah mengatakan , melalui kegiatan himbauan karhutla ini diharapkan masyarakat mengerti serta tidak lagi melakukan pembukaan lahan pertanian /perkebunan dengan cara membakar selain bertambak buruk baik untuk kesehatan juga ada sanksi pidana dan dendanya, “ucap beliau .

Penulis : Hartono
Editor : Alfian N/ Nanang P
Publish : Dhean

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password