Dialog Nasional 8, Kapolri : Dalam Menjaga Stabilitas dan Keamanan, Polri Telah Membentuk Satgas Pangan, Saber Pungli dan Satgas Dana Desa

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, Dalam Dialog Nasional Seri 8 ini, Kapolri Jend Pol Muhammad Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Imam Besar Masjid Istiqlal, KH. Nasaruddin Umar menjadi narasumber.

Pada dialog yang dipandu oleh Effendi Gazali tersebut Kapolri menjelaskan bahwa ekonomi memiliki keterkaitan erat dengan keamanan.

“Ekonomi yang baik akan meningkatkan kesejahteraan rakyat, kesejahteraan rakyat naik maka angka kriminalitas menurun,” jelasnya.

Menurut Kapolri, Indonesia bisa menjadi negara besar. Hal ini bisa dilihat dari pertumbuhan ekonomi yang di atas 5%, situasi politik dan keamanan yang stabil. Dalam menjalankan tugas Polri sebagai penjaga stabilitas dan keamanan, telah dibentuk Satgas Pangan, Saber Pungli dan Satgas Dana Desa. Terkait Satgas Dana Desa, peran Satgas ini untuk melakukan pendampingan dan memastikan bahwa Dana Desa benar – benar sampai kepada masyarakat dan tepat sasaran.Menkeu dalam pemaparannya kepada peserta menyampaikan bahwa, Menteri yang baik karena seluruh jajarannya bekerja dengan baik dan punya atasan yang baik.

Sementara itu Ibu Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan menyamapaikan terkait infrastuktur yang dibangun dari Sabang sampai Merauke, hal tersebut menjadi perhatian dunia.

“Bahwa APBN kita itu dikelola untuk tujuan kemajuan masyarakat, untuk kemajuan indonesia yang lebih baik,” tuturnya.

Menurutnya, mengelola keuangan negara itu sama dengan mengelola kesehatan manusia. Terkait hutang luar negeri, Kementerian Keuangan selalu menyampaikan secara terbuka kepada masyarakat.

“Ekononi kita tumbuh 7% ada faktor konsumsi masyarakat, ekspor, belanja APBN,” lanjutnya.

Sedangkan terkait investasi, menurutnya investasi dapat didorong jika memiliki stabilitas keamanan, kepastian hukum dan penegakan hukum yang tegas sangat berpengaruh.

Menkeu menuturkan, pemeliharaan stabilitas keamanan sangat berpengaruh pada iklim investasi. Sedangkan penegakan hukum terkait dengan pemberantasan korupsi yang dilakukan birokrasi, sehingga bisa menghilangkan ketidakpastian dalam menjalankan usaha.

penulis : Toni T
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password