Biro Lemtala Asrena Polri Studi Kelayakan Tipologi Polres Sintang

 

Tribratanews.polri.go.Polda Kalbar,Polres Sintang- Peningkatan tipologi Kepolisian Resor (Polres) di tubuh Polri terus berlangsung, seiring dengan semakin meningkatkan dinamika masyarakat. Dari tipe Polres menjadi Polresta. Salah satu Polres di Polda Kalimantan Barat yang diusulkan untuk dinaikan tipe dari Polres menjadi Polresta adalah Polres Sintang.

Menindak lanjuti rencana usulan tersebut Polres Sintang terlebih dulu menerima kunjungan Tim Biro Lemtala Asrena Polri yang diketuai Kabag Lem Biro Lemtala Srena Polri Kombes. Pol Drs. Yasdan Rivai. M.Hum beserta Pembina Susanto, S.Ip, dengan didampingi Kabag Strajemen Polda Kalbar Akbp Ridwansyah, SH dalam rangka Studi Kelayakan Peningkatan Tipologi Polres menjadi Polres Kota (Polresta), bertempat di Aula Balai Kemitraan Polres Sintang, Jl. Bhayangkara no. 1 Sintang Kec. Sintang Kab. Sintang¸ Kamis (8/03/2018) pukul 11.30 wiba.

Kedatangan Tim yang dipimpin Kabag Lem Rolentala Srena Polri Kombes Pol Drs. Yasdan Rivai. M.Hum beserta Tim dan Kabag Strajemen Polda Kalbar Akbp Ridwansyah,SH disambut langsung Kapolres Sintang Akbp Sudarmin, SIK,MH dan PJU Polres Sintang.

“Tim kami menindaklanjuti usulan peningkatan dari Polres menjadi Polresta ,dengan demikian kami melaksasan tugas studi kelayakan usulan tersebut. Kami melakukan studi kelayakan untuk verifikasi data-data yang sudah diberikan kepada kami, melihat juga kemungkinan layak atau tidaknya,” terang Yasdan Rivai.

Banyak dimensi dan indikator yang menjadi pertimbangan untuk meningkatkan tipe polres Sintang menjadi Polresta. Selain itu dukungan dari berbagai pihak untuk peningkatan tipe ini juga diperlukan.

“Ada 9 dimensi dan 49 indikator dari geografi hingga aktifitas pemeliharaan kamtibmas, ada bobotnya yang kemudian dirating dan ada nilainya. Untuk pemeliharaan kamtibmas menjadi dimensi yang memiliki bobot paling tinggi termasuk didalamnya tingkat kerawanan dan tingkat tindak pidana,” ungkapnya.

Selain itu menurutnya peningkatan tipe polres Sintang juga membutuhkan dukungan Pemda, DPRD dan masyarakat setempat, termasuk pula pertimbangan kebutuhan dari organisasi Polri itu sendiri.

“Perubahan tipe dari Polres menjadi Polresta ini tidak mudah perlu dukungan semua pihak, namun untuk hasilnya memang tidak bisa langsung sekarang. Ini semua kita bawa ke Jakarta untuk di pertimbangan lagi,” tuturnya

Hal senada dikatakan Kapolres Sintang AKBP Sudarmin bahwa ada 9 dimensi dan 49 item yang menjadi penilaian untuk menaikan status.

“Ada 9 dimensi dan 49 item yang dinilai untuk studi kelayakan Polres menjadi Polresta,”ujar Kapolres.

Diantaranya kata Sudarmin dari luas wilayah,jumlah penduduk ,angka kriminalitas, pelayanan publik dan lain sebagainya.

Ketika ditanya apakah Lolres Sintang sudah layak untuk menyandang predikat Polresta dirinya mengatakan bahwa“Ini baru studi kelayakan untuk hasilnya nanti tergantung hasil pembahasan ditingkat Mabes, kita belum tau ,”pungkas AKBP Sudarmin.

Ditambahkannya, jika usulan tersebut diterima maka status Polres menjadi Polresta merupakan momentum yang bersejarah dan akan membawa konsekuensi sangat penting bagi Polres Sintang.

Selanjutnya kenaikan status itu juga berdampak terhadap struktur yang ada serta penambahan personil, peningkatan anggaran dan lainnya yang secara bertahap disesuaikan dengan kemampuan negara.

“Ini bukan hanya kebanggaan Polres Sintang tapi juga bagi masyarakat Kabupaten Sintang tentunya, dan bagaimana pun peran dan tugas Polisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat kian terasa, sesuai dengan tugas dan tanggung jawab polisi menjaga dan memelihara Kamtibmas,” pukas Kapolres Sintang.

Penulis: Hariyanto
Editor: Alfian.N/Nanang.P
Publish: Dikta

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password