Operasi Keselamatan 2018, Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Satuan Lalulintas (satlantas) Polres Parepare membagikan ratusan lembar brosur  kepada sejumlah pengendara yang melintas di Jalan Bau Massepe, tepatnya di Persimpangan Monumen Cinta Habibie Ainun, Kota Parepare. Dalam rangka operasi keselamatan 2018.

Brosur itu berisikan sejumlah peraturan dalam mengendarai kendaraan di jalan dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengendara saat mengendarai kendaraannya, seperti SIM dan kelengkapan surat lainnya.

Kasat Lantas Polres Parepare, AKP Andi Ali Surya,S.iK mengungkapkan, tingginya angka kecelakaan di jalan karena pengendara tidak memematuhi peraturan lalulintas. Dan tidak bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri.

“ini Kita lakukan dalam rangka operasi keselamatan tahun 2018 dengan sasaran pengendara  yang tidak menggunakan sabuk pengaman, tidak menggunakan helm saat mengendarai motor, klip helm tidak terpasang, menggunakan handphone saat berkendara dan merokok. Ini sebagai langkah persuasif. Selain itu kita membagikan brosur keselamatan dan membawa badut zebra untuk menghibur para pengendara,” Ujar AKP Andi Ali Surya.

Selain membagikan brosur keselamatan, para anggota Satlantas Polres Parepare juga mengingatkan kepada pengguna roda empat agar memasang sabuk pengaman saat berkendara dan juga kepada pengguna roda dua anggota satlantas membantu memasangkan klip helm agar tidak terlepas guna menjaga keamanan kepala saat berkendara.

Selain itu kata Andi Ali Surya, ada 7 tindakan yang harus di patuhi dan di taati, antara lain, Pengandara disarankan untuk mengetahui pengaturan dan rambu-rambu lalulintas. Melengkapi surat-surat dan syarat teknis baik jalan  dan kendaraan. Menggunakan helm standar dan sabuk keselamatan dengan benar. Tidak menggunakan Hp pada saat berkendara. Dilarang keras mengemudi dalam keadaan mabuk. Tidak mengizinkan anak di bawah umur untuk mengemudikan kendaraan bermotor.

“Kegiatan operasi keselamatan ini  akan berlangsung hingga 25 Maret.” Tutupnya. (Humas Polres Parepare)

Penulis : Yoan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password