Ikon Wisata Trenggalek Dipenuhi Pengunjung : Petugas Disiagakan Cegah Timbulnya GKTM

Anggota Polsek Watulimo tampak melakukan pengaturan lalu lintas di area wisata Pasir Putih

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Sebagai wilayah pesisir yang memiliki keindahan wisata pantai, Trenggalek menjadi jujukan (tujuan utama, red) para wisatawan lokal maupun luar daerah. Hari libur maupun hari Minggu bisa dipastikan jalur menuju Keacamatan Watulimo dan Panggul meningkat tajam dibanding hari biasanya.

Di Kecamatan Watulimo sendiri, terdapat beberapa destinasi wisata seperti Pantai Prigi, Pantai Karanggongso (Pasir Putih) dan Hutan Mangrove yang selalu dipadati pengunjung. Sedangkan di Kecamatan Panggul ada Pantai Pelang, Pantai Konang dan penangkaran penyu di Pantai Kili-kili. Sebenarnya, di Kecamatan Munjungan yang juga daerah pesisir memiliki Pantai Blado yang tak kalah menarik, namun lebih banyak dikunjungi wisatawan lokal mengingat jarak dan medan yang cukup berat untuk mencapai kesana.

Mengantisipasi melonjaknya jumlah wisatawan, Polsek Watulimo menurunkan 2/3 perkuatannya untuk mengamankan lokasi wisata. Terlebih area parkir di Pasir Putih yang terkadang tidak mencukupi dan menyebabkan macet.

“Hari Minggu biasanya pengunjung mencapai ribuan orang”, ujar Kapolsek Watulimo AKP Saiful Rokhman, SH. Personel yang ditugaskan disebar sejak dari pertigaan pasar Watulimo hingga lokasi wisata. Selain mengurai kemacetan dan kecelakaan, juga mengantisipasi terjadinya kriminalitas oleh pelaku kejahatan.

“Watulimo merupakan ikon Trenggalek, jadi wisatawan harus merasa aman dan nyaman”, tambah Saiful.

Demikian pula dengan Polsek Panggul. Mengantisipasi membludaknya wisatawan, menyiagakan satu regu personel di tiap lokasi wisata. Tak hanya menjaga keamanan, petugas juga mengawasi dan mengingatkan pengunjung agar tidak mandi di laut.

“Kadang kalau orang luar daerah tetap nekat mandi di laut meskipun sudah dipasang tanda peringatan”, ujar Kapolsek Panggul, AKP Wajib Santoso, SH.

Petugas terlihat memberikan himbauan kepada pengunjung untuk tidak mandi di laut
Petugas terlihat memberikan himbauan kepada pengunjung untuk tidak mandi di laut

Meskipun tak sebanyak di Watulimo, namun meningkatnya jumlah pengunjung tetap terlihat dari padatnya lokasi parkir lebih dari hari biasanya.

Beberapa personel tampak bersiaga di lokasi wisata mencegah timbulnya gangguan Kamtibmas
Beberapa personel tampak bersiaga di lokasi wisata mencegah timbulnya gangguan Kamtibmas

Sedangkan di Pantai Blado Kecamatan Munjungan terpantau normal dan tidak terjadi lonjakan pengunjung yang signifikan. Hanya terlihat beberapa wisatawan lokal yang duduk dan ngobrol di pinggir pantai. Meskipun demikian tak mengurangi kewaspadaan petugas Polsek Munjungan mengantisipasi kemungkinan gangguan keamanan.

“Kami tempatkan petugas di area Pantai Blado hingga nanti sore, kerawanan tetap ada meskipun dalam skala yang kecil”, tandas Kapolsek Munjungan, AKP Sudarto, SE.

Penulis : Ady
Editor : Handoko
Publish : Handoko

Admin Polri53937 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password