Bhabinkamtibmas Satu Ini Pelopori Pendirian Poskamling Di Desa Binaannya

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Polres Trenggalek terus gencar mensosialisasikan kemandirian Kamtibmas di tiap desa. Dengan perkuatan satu desa satu Polisi, dibawah kendali Bhabinkamtibmas dan unsur 3 Pilar lainnya masih dirasa kurang. Kemandirian Kamtibmas berarti keamanan yang berangkat dari masyarakat itu sendiri dengan memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki sebagai daya cegah dan daya tangkal atas gangguan Kamtibmas yang mungkin terjadi.

Menyadari hal tersebut, sejak Minggu (22/01) pagi tadi, masyarakat Desa Karanganyar Kecamatan Pule, Trenggalek kerja bakti membangun sebuah Poskamling yang ditempatkan di sebuah lahan kosong di pinggir jalan desa. Sebagai Bhabinkamtibmas, Aiptu Gatot tak tinggal diam. Bersama dengan warga lainnya saling bahu membahu mendirikan Poskamling.

“Posisinya strategis, bisa memantau ke segala arah”, ujar Gatot yang diamini warga lainnya.

Awalnya, karena posisi lahan yang disiapkan berundak cukup tinggi, warga harus meratakan tanah terlebih dahulu yang nantinya akan digunakan sebagai pondasi bangunan. Tanpa diminta, puluhan warga Karanganyar ini mengambil bagian masing-masing. Ada yang mencangkul, mengangkat pasir, dan lainnya menyiapkan material bangunan dan kayu. Sebuah keharmonisan yang sulit ditemukan di era globalisasi saat ini. Tak ketinggalan, kopi dan ketela goreng juga dihidangkan oleh ibu-ibu setempat.

“Nantinya Poskamling ini tidak hanya sebagai pos ronda tapi juga sebagai tempat berdiskusi warga”, ujar salah satu warga.

Aiptu Gatot berharap, adanya Poskamling ini akan semakin meningkatkan kemandirian Kamtibmas di Desa Karanganyar.

“Jangan hanya formalitas saja, tapi harus benar-benar dimanfaatkan untuk menjaga keamanan desa. Nanti petugas jaganya digilir bergantian”, tandasnya.

Penulis : Ady
Editor : Handoko
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password