Polda Bali Didik 47 Orang Peserta Pelatihan Satpam Gada Pratama dan Gada Madya

Tribratanews.polri.go.id –Polda Bali – Direktorat Binmas Polda Bali bekerjasama dengan PT. Garda Wira Karya melaksanakan pelatihan dasar Satpam Gada Pratama dan Gada Madya. Wadir Binmas Polda Bali, AKBP Dra. Ni Wayan Sri Yudayatni, S.I.K. secara resmi membuka pelatihan tersebut di Garda Wira Karya Training Center, Gianyar, Rabu (7/3/2018).

WhatsApp Image 2018-03-07 at 15.51.33Jumlah peserta pelatihan Satpam Gada Pratama sebanyak 40 orang dan akan mengikuti pelatihan mulai dari tanggal 7 Maret sampai dengan 9 April 2018. Sedangkan untuk peserta Gada Madya diikuti 7 orang dan akan mengikuti pendidikan mulai dari tanggal 19 Maret sampai dengan 9 April 2018.

Maksud dari pelatihan ini adalah untuk memberikan bekal kemampuan ketrampilan dan pengetahuan Satpam serta fungsi kepolisian terbatas yang menjadi tugas dan wewenangnya dalam menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di tyempat kerjanya. Sementara pelatihan Satpam ini bertujuan agar petugas Satpam memiliki kompetensi, legalitas dan mendapatkan pengakuan serta pengukuhan dari Polri.

AKBP Dra. Ni Wayan Sri Yudayatni, S.I.K. dalam sambutannya mengatakan, Satpam adalah mitra kerja Polri yang dalam melaksanakan tugasnya diberikan kewenangan oleh Undang-Undang untuk menggunakan fungsi teknis kepolisian baik secara preemtif, preventif dan tindakan represif tingkat pertama di lingkungan kerja. Untuk itu, sudah menjadi keharusan Satpam dididik dan dilatih oleh Polri, sehingga dalam pelaksanaan tugasnya terwujud sinergitas dan sinkronisasi dengan tugas-tugas Polri.

Dijelaskannya, saat ini petugas Satpam dituntut untuk bertindak profesional, terutama berkaitan dengan tugas-tugas penyelenggaraan keamanan, ketertiban dan pelayan terhadap masyarakat di lingkungan kerjanya. “Kemampuan dasar yang harus dimiliki anggota Satpam meliputi fungsi kepolisian terbatas, pengetahuan tentang keselamatan dan keamanan lingkungan kerja serta spesialisasi di bidang industrial security,” kata Wadir Binmas Polda Bali.

Menurut mantan Kapolres Klungkung ini, kemampuan atau kompetensi anggota Satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas hanya bisa didapatkan melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan (Lemdik) Polri maupun BUJP (Badan Usaha Jasa Pengaman) yang telah mendapatkan ijin dari Kapolri.

“Pelatihan Satpam Gada Pratama dan Gada Madya ini akan mampu mengahsilkan petugas Satpam yang memiliki sikap mental kepribadian yang baik, kesamaptaan fisik yang tangguh serta memiliki pengetahuan dan ketrampilan dasar sebagai pelaksana tugas Satpam,” imbuhnya.

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Swanjaya

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password