Polisi Tegur 95 Pengendara, Saat Ops Keselamatan Kapuas Digelar

Tribratanews.polri.go.id.Polda Kalbar, Polres Sintang- Polres Sintang memberlakukan Operasi Keselamatan Kapuas 2018 mulai Senin 5 Maret kemarin. Dengan mengedepankan tindakan pre-emtive dan preventif, sebanyak 95 pengendara mendapat teguran di hari kedua operasi.

“Pelanggar dari sepeda motor ada 39, Roda empat 26, Roda enam 20,” tutur Kasat Lantas Polres Sintang AKP Anton Satriadi, SIK saat dihubungi diruang kerjanya. Selasa (6/3/2018).

Menurut Anton Satriadi, sejumlah teguran itu juga meliputi penggunaan ponsel yang dinilai membahayakan pengendara. Termasuk juga adanya pelanggaran helm, surat menyurat, muatan penumpang, kelengkapan kendaraan hingga tidak berfungsinya lampu utama kendaraan.

“Untuk pengemudi mobil itu tidak menggunakan sabuk keselamatan (Seat Belt) 9, pelanggaran muatan 4 dan surat menyurat 7,” jelas Anton.

Kasat Lantas Polres Sintang AKP Anton Satriadi menambahkan, sosialisasi dan kampanye keselamatan berlalu lintas memang juga dalam bentuk teguran.

Meski begitu, petugas tidak mengesampingkan penindakan berupa tilang dalam operasi Keselamatan Kapuas 2018.

“Tilang ada 11 pengendara, meliputi pengendara tidak pakai helm 5, main hp 1, melanggar rambu 1, tidak bawa SIM 1, Tidak ada TNKB 1 dan kelengkapan 2,” kata AKP Anton.

Penilangan untuk pengendara motor dan mobil jelas diawali dengan pengecekan kasat mata petugas di lapangan. Setelah itu, surat kelengkapan berkendara akan diminta untuk diperlihatkan.

Operasi Keselamatan Kapuas 2018 dilakukan selama 21 hari mulai Senin 5 Maret 2018 sampai dengan 25 Maret 2018, untuk itu dirinya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu mematuhi dan mentaati peraturan berlalu lintas, guna meminimalisir terjadinya korban lalu kintas dijalan raya.

“Terkait operasi yang dilaksanakan, kami berharap masyarakat pengguna jalan tidak perlu takut, karena operasi yang digelar bertujuan untuk menertibkan pengendara yang belum tertib, sehingga keselamatan pengguna jalan benar-benar terjaga apabila semua pengguna jalan sudah mematuhi peraturan yang ada,” pukas AKP Anton.

Penulis: Hariyanto
Editor: Alfian.N/Nanang.P
Publish: chia

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password