Parodi Kambing ini Dikemas Unik agar Masyarakat lebih Taat Aturan Lalu Lintas

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek – Ada-ada saja cara Satlantas Polres Trenggalek untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya keselamatan berlalulintas. Baru-baru ini, Satlantas Polres Trenggalek meluncurkan sebuah video parodi lucu yang disebarluaskan melalui media sosial.

Adegan diawali penampakan seekor kambing di pinggir jalan yang merasa kendaraannya hilang. Mimik kambing pun seolah bersedih. Pada saat yang sama, ada seorang Polwan yang terlihat sedang duduk berlatar belakang sawah dengan padi yang sudah menguning siap panen. Agar lebih mengena, diberikan caption kata-kata.

“Mbak Polwan… Angkutan Saya Hilang” demikian kata si kambing.

“Kene-kene ….. tak bantu nggoleki yo.. (sini-sini, saya bantu mencari ya)” balas Polwan tersebut seraya mengangguk-angguk seperti mengerti maksud dan keinginan si kambing.

Tak beberapa lama kemudian, melintas sebuah kendaraan bak terbuka yang dipenuhi oleh beberapa orang pria. Karena berbahaya dan melanggar aturan lalulintas, kendaraan pun dihentikan oleh seorang polantas. Dengan ramah Polantas tersebut meminta surat-surat kendaraan sekaligus menjelaskan kesalahan pengendara.

Uniknya, di tengah video muncul seorang anak kecil menggunakan baju polisi dan menaiki sepeda mengacungkan kartu kuning sebagai tanda pelanggaran. Mirip seperti aksi mahasiswa yang sempat heboh beberapa waktu yang lalu.

“Pakdhe-pakdhe… Sadar Ngapa.. Itu loh angkutan kambing dan barang kok dinaiki.. hadeh..”bunyi caption anak itu.

Dialog selanjutnya cukup mengejutkan. Di menit ke 00:45, Petugas Polantas memperingatkan penumpang kendaraan bahwa kendaraan terbuka hanya boleh untuk mengangkut hewan dan barang.

“Bapak-bapak mau disamakan sama kambing? Ujar petugas yang dijawab serentak “tidak” oleh para penumpang.

Video lucu tersebut ditutup dengan gambar Polwan membawa kambing yang tampil pertama tadi lengkap dengan himbauan, stop pelanggaran, stop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan.

Dihubungi terpisah, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K. mengungkapkan, video parodi tersebut sengaja dibuat dalam rangka mendukung Operasi Keselamatan Semeru 2018 yang digelar selama 21 hari sejak tanggal 5 hingga 25 Maret 2018.

“Era sekarang harus lebih kreatif mengikuti perkembangan teknologi. Himbauan menggunakan video singkat dan lucu lebih mudah diterima masyarakat dan penyebarannya bisa lebih masif melalui media sosial atau media daring” ujar AKP Ricky.

Pesan yang ingin disampaikan adalah, kendaraan bak terbuka selayaknya tidak digunakan untuk mengangkut orang melainkan hewan atau barang. Selain membahayakan diri sendiri maupun orang lain, juga melanggar aturan lalu lintas.

Selengkapnya bisa dilihat di akun youtube resmi Polres Trenggalek di bawah ini :

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

Admin Polri54013 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password