Tim Pengawas Itwasum Polri Cek Kesiapan Pengamanan Pilkada di Polres Biak Numfor

Tribratanews.polri.go.id, Papua Polres Biak – Tim pengawasan dari Itwasum Mabes Polri Melakukan pengecekan kesiapan pengamanan pilkada serentak 2018 terhadap 5 Polres jajaran Polda Papua diantaranya Polres Biak Numfor, Nabire, Kepulauan Yapen, Waropen dan Supiori yang dipusatkan di Aula R. Soedjoko Polres Biak Numfor, Selasa (6/3/2018).

Tim Was Ops Mantap Praja yang diketuai oleh Brigjen Pol Drs. Bambang Rudi Pratiknyo yang disambut oleh Kapolres Biak Numfor AKBP Rachmad Amsori. SIK, dan langsung melakukan pertemuan dan pemeriksaan administrasi kesiapan pemilu kepada para Kabag Ops dan Kasi Keu dari 5 lima Polres tersebut.

IMG-20180306-WA0125

Usai kegiatan, di depan media Brigjen Pol B. Rudi Pratiknyo mengatakan bahwa secara garis besar aparat keamanan 100% telah melakukan pengamanan Pilkada. Hanya saja, memang dari kesepakatan MoU bersama pemerintah daerah, terkait dana hibah keamanan masih belum sepenuhnya terealisasi, sedangkan tahapan pilkada sudah berjalan. Dari dana yang diplotkan untuk pengamanan, seperti di Polres Biak baru 1/5 bagian yang diserahkan.

“Kedatangan kita untuk melihat persiapan pelaksanaan, pengendalian dan proses yang sudah berlangsung sudah memenuhi standar kinerja atau belum, partisipasi pemerintah daerah apakah sudah maksimal dalam mendukung pelaksanaan Pilkada. Soalnya ada beberapa pemerintah daerah yang membantu sepenuhnya, dan di Biak baru sekitar 1/5 bagian, sedangkan kegiatan ini sudah berjalan, kita harapkan pergeseran pasukan yang disiapkan oleh Polda dan Polres perlu dukungan anggaran untuk jasa angkutan dan lain-lain, ”jelas Brigjen Pol  Bambang Rudi Pratiknyo.

IMG-20180306-WA0114

Diakui, hibah dari pemerintah kabupaten Biak Numfor memang yang masih menjadi kendala. Dari sisi aparat keamanan seluruhnya bisa dipastikan aman, dari berbagai sisi, mulai dari kesiapan SDM, peta lokasi, pembagian tugas rutin, dan lain-lain oleh jajaran Polres Biak Numfor dipandang sangat siap.

Disinggung soal potensi kerawanan pada perhelatan Pilkada 2018 ini kata Brigjen Pol Bambang Rudi Pratiknyo, untuk Pilkada Bupati di Biak bisa dianggap cukup aman, itu semua tidak terlepas dari dukungan seluruh stakeholder dan masyarakat. Selain itu, juga tidak terlepas dari sistim operasi yang dilakukan oleh Kepolisian, seperti pengendalian dan tata kelola yang benar serta penempatan personil secara tepat. (*)

Penulis : Ruslan
Editot : Alfian Nur
Publish : Ruslan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password