Ratusan Personel Bhabinkamtibmas se-Trenggalek Diapelkan, Ada Apakah Gerangan ?

IMG-20180306-WA0140

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek – Salah satu tulang punggung Polri dalam memelihara Kamtibmas di wilayah adalah Bhabinkamtibmas. Bhabinkamtibmas diibaratkan sebagai miniatur Polri di tingkat desa. Ia bekerja tak kenal waktu. Siang malam atau kapanpun dibutuhkan masyarakat desa binaan wajib hadir dan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Disinilah peran strategis Bhabinkamtibmas dalam porsinya sebagai inisiator, motivator dan solutor di tingkat desa sangat dibutuhkan.

Guna mencapai hal tersebut, Polres Trenggalek menggelar Apel Besar Bhabinkamtibmas yang diikuti oleh 157 personel Bhabinkamtibams se-Kabupaten Trenggalek lengkap dengan kendaraan dan kelengkapan perorangan masing-masing di halaman Mapolres, Selasa (06/03).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kasubdit Binpolmas Polda Jatim AKBP Drs. Broto Waluyo selaku ketua Tim asistensi, Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H., Pendamping asistensi Kompol Junik R, pejabat utama Polres Trenggalek, para Kapolsek jajaran, seluruh Kanitbinmas dan Bhabinkamtibmas se-Kabupaten Trenggalek.

Dalam sambutannya saat memimpin apel, AKBP Drs. Broto Waluyo menyatakan, apel besar Bhabinkamtibmas ini diselenggarakan dalam rangka asistensi kesiapan Bhabinkamtibmas untuk menunjang kinerja Kepolisian secara umum utamanya menjaga dan memelihara Kamtibmas kondusif di desa binaan.

“Para Bhabinkamtibmas terus aktifkan kegiatan door to door system (DDS).  DDS merupakan salah satu tolok ukur keaktifan Bhabinkamtibmas dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di desa binaan.  DDS juga bertujuan mendengarkan keluh kesah atau permasalahan yang dirasakan masyarakat sehingga bisa bersama-sama mencari solusi terbaik” ujar AKBP Broto.

Selain mengecek kendaraan bermotor dan perangkat pendukung, Tim Asistensi juga memeriksa kelengkapan administrasi Bhabinkamtibmas, mulai dari buku kegiatan hingga laporan hasilnya. Jika ditemukan kekurangan, maka tim asistensi akan memberikan pencerahan dan petunjuk operasional sesuai dengan SOP yang ada.

“Antara tugas di lapangan dengan administrasi pelaporan harus sesuai dan berkesinambungan” imbuhnya.

Dilain pihak, Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H., menyatakan asistensi merupakan salah satu bentuk pengawasan dan evaluasi menyeluruh terhadap tugas dan kinerja yang telah dilakukan.

“Asistensi sangat diperlukan sebagai media evaluasi atas kinerja yang telah dilaksanakan. Selain itu, juga berfungsi sebagai perbaikan terhadap kekurangan yang ada” papar AKBP Didit.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Didit meminta kepada seluruh Bhabinkamtibmas jajarannya agar melaksanakan apa yang menjadi penekanan Kasubdit Binpolmas  terkait dengan tugas Bhabinkamtibmas sebagai pengemban Polmas, Deteksi Dini,  pengaktifan kembali Siskamling,  serta pengawasan dana desa.

“Semakin kesini tugas Bhabinkamtibmas bukan semakin mudah. Oleh karenanya tetap jaga kesehatan agar optimal dalam menjalankan tugas. Rangkul semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas kondusif” pungkasnya.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password