Kapolda Kalbar: Bagaimana Cara Membuka Lahan Tanpa Membakar Lahan

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Bertempat di Ruang Praja I Kantor Guberur Kalbar, Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Didi Haryono melaksanakan koordinasi pencegahan kebakaran di lahan gambut, pada Senin (5/3).

Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut ialah Pj Gubernur, Pangdam, Kepala Dinas Terkait, serta instansi terkait.

IMG-20180305-WA0073

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda Kalbar menyampaikan bagaimana membuka lahan tanpa membakar lahan. Untuk itu langkah langkah antisipatif dalam mencegah terjadinya kebakaran di lahan gambut diperlukan kerja sama yang solid, persiapan dan anggaran yang terencana.

“Telah disampaikan kepada para Kapolres dan Kapolsek untuk membuat kanal-kanal sebanyak mungkin dan menggali sumur di sekitar kanal, serta lakukan koordinasi dan kerja sama dengan TNI dan pemda setempat,” ujar Kapolda Kalbar.

“Selain itu pemasangan maklumat Kapolda juga telah dilaksanakan sampai ke desa-desa agar diketahui oleh masyarakat bahwa pembakaran terhadap lahan atau hutan adalah salah dan ada sanksinya,” tambahnya.

Terdapat 60 desa Rawan Hotspot di wilayah Kalbar. Untuk itu Kapolda Kalbar mengatakan bahwa diperlukan adanya petugas lapangan yang terlatih, dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai serta didukung dengan anggaran, yang dimulai dari kegiatan pencegahan.

Penulis : Ilmy

Editor : Nanang P / Wesli P

Publish : Ilmy

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password