Kapolda Jatim Kunker ke EMCL, Obvitnas Perlu Pengamanan Bersinergi dan Kuat

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim, Usai memimpin Upacara Pembukaan Pertikarada (Perkemahan Bhakti Saka Bhayangkara) Jawa Timur tahun 2018 di bumi perkemahan taman wisata Tirtawana Dander Kabupaten Bojonegoro, Kapolda jatim, Irjen Pol Drs. Machfud Arifin SH melanjutkan Kunker (kunjungan kerja) ke EMCL (Exxonmobil Cepu Limited) yang berada di Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Sabtu (03/03/2018) siang.

Obyek vital nasional (obvitnas) seperti di EMCL, menurut Kapolda Jatim membutuhkan sistem pengamanan yang lebih kuat dan didasarkan atas standard sistem pengamanan yang ketat, karena obvitnas memiliki peran strategis bagi terselenggaranya pembangunan nasional dan ancaman serta gangguan keamanan terhadap obvitnas secara langsung maupun tidak langsung berdampak terhadap sistem perekonomian nasional, dan berdampak terhadap stabilitas politik.

“Exxon Mobil sudah berkontribusi sebanyak 25% kebutuhan nasional, maka perlu kerjasama dengan berbagai stakeholders, seperti pengelola obvitnas, pemerintah daerah, TNI, dan masyarakat untuk memperkecil resiko dan dampak keamanan yang ditimbulkan akibat adanya ancaman dan gangguan keamanan, mudah mudahan tidak terjadi apa apa dan tidak terjadi gangguan,” terang Kapolda, Irjen Pol Drs. Machfud Arifin SH.

Sementara itu, Moh Nurdin (Vice President EMCL) dalam sambutannya menyampaikan bahwa, saat ini Blok Cepu terbagi menjadi 2 warna yaitu warna hijau untuk wilayah minyak dan merah untuk cadangan gas. EMCL akan dikembangkan ke daerah kedung keris karena produksi minyak EMCL diperkirakan sampai dengan tahun 2035, namun dengan jumlah volume belum bisa dipastikan dan diprediksi berdasarkan luas lokasi.

“Kegiatan pengembangan tidak lepas dari masyarakat, sehingga peran serta masyarakat juga sangat diperlukan, oleh karena itu EMCL memberikan CSR (Corporate Social Responsibility) dibidang pendidikan, kesehatan, dan peningkatan ekonomi kerakyatan,” jelasnya.

Pada Kunjungan kerjanya, Kapolda Jatim didampingi oleh Pejabat Utama Polda Jatim diantaramya Karorena, Dir Lantas, Dir Pam Obvit, Dir Sabhara Dirbinmas, Kabid Keu, Kabid TI, Kabid Dokkes, Kasat Brimob, Waka Labfor, Kasetum, Wakarumkit, Kayanma, dan Kasubdit Bintibluh.

Selain pejabat utama Polda Jatim, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro SH, SIK MSi beserta PJU Polres Bojonegoro, Dandim Bojonegoro Letkol Arh. Redinal Dewanto, Kapolsek Gayam AKP Harjo. SH, Camat Gayam dan Ketua FKUB KH.Aamul Huda juga turut mendampingi Kapolda Jatim beserta rombongan.

Penulis : Joko Sembung
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Joko Sembung

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password