Respon Cepat Kapolsek Baras Bersama Personil Mendatangi TKP Penganiayaan

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Adanya Pok masyarakat perambah lahan sawit yang melakukan pengrusakan dan penganiayaan terhadap Karyawan PT. Unggul WTL.

Pasangkayu Pada hari Rabu tanggal 28 Februari 2018 sekitar pukul 12.00 Wita di perumahan Afd. Baribi Pt. Unggul WTL, Desa Balanti, Kec. Baras, Kab. Ps. Kayu telah terjadi Pengrusakan dan Penganiayaan terhadap Karyawannya Pt. Unggul WTL yg di lakukan oleh Pok. Masyarakat perambah lahan Kelapa Sawit di bawa Pimp. Lk. Hukma CS

Kelompok Masyarakat Perambah tsb marah karena pd hari Senin, tgl 26 Feb 2018, sekira Pkl 06.30 Wita Karyawan Perusahaan yg tinggal di Afd. Baribi di bawa komando Asisten Afd. Baribi (Bahar Dg. Leo) memerintahkan karyawannya untuk melakukan Pemanengan kelapa sawit Tanpa melakukan koordinasi dgn pihak yg berwajib, hanya menggunakan Preman an.

Yunus untuk mengawalnya di wilayah yg telah di kuasai Oleh Pok. Hukma Cs, dimana lokasi tsb sudah 3 tahun lamanya tdk pernah pihak perusahaan melakukan Pemanengan, berhubung pd saat itu Pok. Hukma Cs melakukan hajatan di rumahnya (Dsn. Bantayang, Ds. Buluparigi, Kec. Baras, Kab. Ps. Kayu) shg tdk seorang pun anggota Lk. Hukma tinggal di pondok shg Pihak perusahaan memberanikan diri untuk melakukan pemanengan kelapa sawit yg luasnya sekiatar 2 Ha.

Lel. Hukma cs mendatangi kantor dan Perumahan Afd. Baribi dengan 2 mobil yaitu mobil extrada dan Pick up putih, dan pada saat adalah Jam istrahat, keadaan kantor sudah kosong dan tertutup shg Lk. Hukma Cs mengamuk dan merusak kantor Afd. Baribi dgn cara melempari dan Mendobrak pintu kantor, menggores kaca mobil Karyawan yg terparkir dgn menggunakan parang serta memukul karyawan yang di jumpainya di jalan.

karyawan Perusahaan yg sempat di aniaya oleh Pok. Hukma Cs. Mansur, Umur 40 Thn, Suku: Bugis, Agama: Islam(mandor pemanen) di aniaya dgn cara di keroyok kemudian Pukuli dgn menggunakan tinju pada bag. Muka shg Masyur babakbelur pd bag.muka dan Parangnya di rampas, kemudian di tinggal pergi.

Mansyur di larikan ke Rs. Perusahaan untuk mendapatkan perawatan pertama dan selanjutnya Di rujuk ke Rs. Pasang Kayu untuk perawatan lebih lanjut.Yakup, Umur 50 thn, Suku:Kalumpang, Agama: Kristen (ditampar pd bag. pipinya).
Dg. Ngalle, Umur:52 thn, Suku:
Makassar, agama: Islam (ditampar pd bag. pipi) Badik dan parang diambil oleh Lk. Hukma cs.Lebu Dg. Naba, Umur 48 thn, Suku: Makassar, Agama: Islam (dilempari dgn batu pd bag. Pundak).Setelah melakukan Pengrusakan dan penganiayaan Pok. Hukma Cs meninggalkan TKP menuju ke Pondoknya yg tidak jauh dari perumahan Karyawan, kemudian melanjutkan perjalan pulang ke kediamannya di Dsn. Bantayang, Ds. Buluparigi, Kec. Baras, Kab. Ps. Kayu.

Laporan Polisi ttg Penganiayaan:
Pd hari Rabu, tanggal 28 Feb 2018, sekira pkl. 16.00 Wita telah datang seorang laki2 ke penjagaan Polsek Baras an. Yakup. R, Ttl: Rante Pata/01 Des 1953, Pek: Buruh Harian, Agama: Kristen, Suku: Kalumpang, Alamat: Afd. Baribi, Ds. Balanti, Kec. Baras, Kab. Ps. Kayu melaporkan ttg TP. Penganiayaan yg terjadi pd Hari Rabu tgl 28 Feb 2018, sekira Pkl. 12.00 Wita di Afd. Baribi, Ds. Balanti, Kec. Brs yg di Lakukan Oleh Lk. Samsal

Adapun kronologis kejadiannya sbb:
Pd saat itu Pelapor mendengar bunyi lonceng peringatan dari Pos Pengamanan, kemudian Pelapor langsung menuju ke kantor Afd. Baribi dan sesampainya disana Pelapor melihat banyak masyarakat perambah datang di komplek perumahan sambil melempar2 rumah dan menebas2 tanaman pagar dan kemudian 3 org perambah tsb mendikatinya dan salah satunya di kenal an.

Samsal yg kemudian menampar pelapor sebanyak 1x dgn menggunakan tangan dan mengenai mata kanan pelapor sedangkan seorang temannya merebut parang yg sedang di pegang pelapor yg hendak di gunakan untuk kerja, lalu Lk. Samsal membentak Pelapor ‘mau melawan pak’ lalu dijawab siapa mau melawan, kemudian pelapor langsung meninggalkan mereka.

Penulis : Abrianto

Editor   : Alfian

Publish : Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password