Pjs. Kasubdit Dikyasa Dit Lantas Polda Sulbar Sosialisasi Tentang Manfaat Penggunaan Helm SNI Di Kalangan Pelajar

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Kenapa helm penting bagi semua pengedara bermotor. Tentu saja tiap orang memiliki kewajiban dalam mengenakan helm ketika mengendarai motor. Hal ini sudah ditetapkan dalam Undang-Undang juga. Jika melanggar, Anda dikenakan pidana kurungan selama satu bulan atau tidak denda sebesar Rp. 1.000.000. Peraturan tersebut sebenarnya dibuat untuk mendisiplinkan para pengendara bermotor yang tidak memiliki perhatian khusus untuk mengenakan helm. Namun jangan menjadikan peraturan tersebut sebagai motivasi Anda dalam mengenakan helm karena aspek keselamatan juga penting adanya. Mengenakan helm tentu saja menjadi manfaat perlindungan para pengendara dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berkaitan Dengan Hal di atas Pjs. Kasubdit Dikyasa Dit Lantas Polda Sulbar KOMPOL MUHAMMAD IMBAR BAKRI, S.Pd. SH. MH. Melaksanakan Sosialisasi Tentang Manfaat Penggunaan Helm SNI, di SD Inpres Binanga III Kel. Binanga Kec. Mamuju Kab. Mamuju Provinsi Sulbar. Turut serta mendampingi kegiatan tersebut Bintara Dikyasa Dit Lantas Polda Sulbar BRIPKA JUMANSYAH JASMIN. Jumat, 2 Maret 2018, pukul 09.30 Wita, bertempat di SD Inpres Binanga 111 Kel. Binanga  Kec. Mamuju Kab. Mamuju Provinsi Sulbar.

Dalam Kesempatan tersebut Pjs. Kasubdit Dikyasa Dit Lantas Polda Sulbar menyampaikan Kegunaan, Manfaat serta kebaikan bagi yang di Bonceng maupun yang mengendarai kendaraan Sepeda motor di jalan Raya salah satunya Melindungi kepala dari Benturan saat Kecelakaan Beliau Mengatakan “Apa yang terjadi jika tiba – tiba kita terpental dari Sepeda Motor ? Kemungkinan besar kepala kita akan membentur sesuatu saat jatuh entah itu di Aspal, Batu, Pagar, Pembatas, Pohon dll. Kita bisa dibayangkan jika jatuh dengan posisi Kepala lebih dulu pada benda keras karena bisa menyebabkan kematian. Untuk itu gunakan Helm yang memiliki sertifikasi SNI asli agar terjamin Kualitas Proteksinya. Ajak KOMPOL MUHAMMAD IMBAR BAKRI, S.Pd. SH. MH.

Selain itu kegunaan lainnya Melindungi mata dari angin, debu, dan Kotoran, “cobalah kita liat yang memacu kendaraan sepeda motor secepat mungkin tanpa menggunakan Helm. Sudah pasti tidak akan nyaman pada saat berkendara, ada banyak ketidaknyamanan yang bisa berujung pada kecelakaan jika berkendara sepeda motor tanpa Helm, Mata Kelilipan debu fan kotoran sehingga sulot melihat dgn jelas, kepala bisa cedera jika terkena atau jatuhan benda keras, angin kencang bisa menyebabkan Penyakit Bell’palsy yang berbahaya, dapat merusak paru-paru, wajah, leher dan rambut akan kotor. ujarnya

Dan juga dapat Melindungi Kepala dari panasnya terik matahari sengatan matahari yang terus menerus mengenai kulit dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh, Melindungi Kepala dari basah air Hujan, Saat hujan, Helm akan sangat membantu untuk membuat kepala, wajah dan Rambut tetap kering tidak kehujaman serta Membuat penampilan lebih baik.

Jadi Kesimpulannya Guna melindungi pengendara sepeda motor, di Indonesia telah dibuat undang-undang tentang kewajiban memakai helm bagi pengendara sepeda motor. Undang-undang No. 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan pasal 106 ayat 8 mensyaratkan bagi semua pengendara sepeda motor dan penumpangnya untuk memakai helm yang memenuhi standar nasional Indonesia.

Pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm atau hanya menggunakan helm plastik/topi proyek (tidak memiliki pelindung dalam), jika kecelakaan akan mempunyai peluang luka otak tiga kali lebih parah dibanding mereka yang memakai helm yang memenuhi SNI (Standar Nasional Indonesia).
Penulis : Humas Polda Sulbar
Editor   : Alfian
Publish : Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password