Tingkatkan Profesionalisme, 10 Perwira Polda Papua Ikuti Uji Kompetensi Jabatan Wakapolres

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Jayapura – Promosi Jabatan terbuka Wakapolres Jajaran Polda Papua yang dilaksanakan saat ini bukan sekedar seremonial belaka, melainkan kegiatan yang dilaksanakan untuk menguji Kompetensi personel Polda Papua yang akan menduduki jabatan Wakapolres di jajaran Polda Papua melalui Assessment dan uji kompetensi bidang.

Hal ini disampaikan Karo SDM Polda Papua Kombes Pol Ida Bagus KD Putra N, S.I.K., M.Si pada arahannya saat pembukaan Assessment promosi jabatan terbuka Wakapolres di gedung Aula Rastra Samara Polda, Kamis (1/3/2018).

Kepala Biro SDM Polda Papua yang diwakili oleh Kabagbinkar Biro SDM Polda Papua AKBP Marison T.H. Sirait, S.I.K. menerangkan, Uji kompetensi ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 1 s/d 2 Maret 2018 yang diikuti oleh 10 orang Assessi dari para perwira jajaran Polda Papua dengan latar belakang tugas dan pengalaman yang berbeda dan telah menjalankan tugas serta mengabdi dengan baik di wilayah Polda Papua.

“Dalam seleksi, Para peserta assessment baik peserta yang berasal dari Polda maupun Polres Jajaran akan mengikuti uji kompetensi tiga tahapan kegiatan yaitu tes psikometri, diskusi kelompok, dan wawancara. Sedangkan penguji atau assessor berasal dari kalangan internal Polda Papua yang telah memiliki sertifikasi assessment dari Mabes Polri,” terang AKBP Sirait.

Tingkatkan Profesionalisme, 10 Perwira Polda Papua Ikuti Uji Kompetensi Jabatan Wakapolres-

Untuk Penilaian dalam uji Kompetensi ini, para peserta akan dinilai dari beberapa aspek penilaian, di antaranya kemampuan berpikir analitis, berpikir konseptual, integritas, orientasi pada pelayanan, pengawasan/monitoring, membangun hubungan, manajemen konflik, mengembangkan orang lain, perencanaan dan pengorganisasian dan ketabahan.

Lebih lanjut Karo SDM mengisyaratkan bahwa uji kompetensi akan mengetahui sejauh mana peserta mampu menguasai bidang tanggung jawab pembinaan seseorang Wakapolres.

Adapun tema yang diangkat dalam uji kompetensi bidang adalah mengoptimalkan kinerja personel polres guna mendukung program kapolda papua dalam rangka terwujudnya Komunikasi Aktif Membangun Peradaban Utama Nilai Gotong Royong Aman Tenteram Mandiri “Kampung ATM” yang pada intinya bertujuan agar Polri dapat membangun komunikasi aktif dengan masyarakat sehingga terbentuk peradaban dan kerjasama untuk sama-sama mewujudkan situasi yang aman.

Penulis: Junet/Resaldy

Editor: Alfian Nur

Publisher: Rei

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password