Aiptu Hasmawati Ajak Siswa SD Bijak Bermedsos

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kanit PPA Satreskrim Polres Gowa, Aiptu Hasmawati menjadi pengajar di SD Negeri Paopao, Sombaopu pada Kamis (01/03/18) sekitar 08.00 Wita. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Polres Gowa dengan pihak sekolah dan menjadi program rutin ke depan untuk mendidik pelajar SD-SMP-SMA dengan pengetahuan lain diluar kurikulum sekolah.

Dalam kesempatan itu, Aiptu Hasmawati menyampaikan materi tentang berbagai kenakalan remaja dan pemahaman tentang penggunaan medsos yang baik. “Anak SD jaman now sudah akrab dengan medsos, lain dengan jamanta sehingga perlu membimbing mereka sejak dini,” kata Aiptu Hasmawati.

Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga telah meminta seluruh jajajarannya untuk melakukan komunikasi, bimbingan dan pembinaan ke komunitas-komunitas masyarakat dengan berbagai pendekatan yang adaptif sesuai umur.

Remaja memang menjadi prioritas karena sesuai analisa dan evaluasi rutin, terdapat beberapa kasus kejahatan jalanan dan narkoba yang dilakukan oleg anak-anak.

“Semoga dengan pembinaan seperti yang dilakukan Aiptu Hasmawati, anak-anak kita murid SDN Bonto-Bontoa dapat lebih memahami bagaimana menyikapi informasi beredar di medsos,” kata Akbp Shinto Silitonga. (Humas Polres Gowa)

Saat ini perkembangan teknologi untuk mempermudah akses komunikasi sangat mudah. Banyak media sosial yang dapat menghubungkan satu orang dengan orang lain, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll.

Untuk lebih memahami bagaimana menyikapi informasi beredar di medsos dengan cerdas, berikut beberapa tips dari keluarga.com :

  1. Filter pertemanan Anda

Hal ini dimaksudkan untuk tidak asal menambahkan atau menerima pertemanan yang kemungkinan membawa efek negatif bagi sikap Anda dalam menggunakan media sosial. Selain itu juga melindungi diri Anda dari tindak-tindak kejahatan yang saat ini banyak sekali terjadi seperti penculikan atau pun pemerasan yang kebanyakan bermula dari sosial media.

  1. Pasang identitas asli namun tidak bersifat pribadi

Dengan memasang identitas asli Anda di akun milik Anda, selain membantu Anda tetap berada pada fungsi utama sosial media untuk menjalin talli silahturahmi dengan banyak sahabat, hal ini juga akan mempermudah orang lain menemukan Anda yang mungkin saja sudah lama tidak berkomunikasi dengan Anda.

  1. Tidak perlu berbagi nomor telepon dan informasi pribadi lainnya

Kembali lagi dengan banyaknya kasus kriminal yang berawal di media sosial, akan sangat bijaksana bila Anda tidak membagikan informasi pribadi Anda pada akun media sosial milik Anda untuk menghindari segala hal yang mungkin akan dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kecuali jika memang Anda memanfaatkan akun Anda untuk keperluan usaha dan berbisnis Anda dapat menyediakan satu nomor khusus yang bukan nomor pribadi Anda sendiri.

  1. Pasang foto profil yang sewajarnya

Foto profil merupakan hal pertama yang dilihat orang lain di sosial media, foto inilah yang mengidentifikasikan Anda dan akan memudahkan orang lain atau sahabat Anda untuk menemukan Anda. Selain itu gunakan foto profil yang wajar tanpa hal-hal negatif.

  1. Pikir dahulu sebelum membuat status

Sebaiknya memang tidak membuat status yang memancing pihak lain untuk merespon negatif, banyak sekali hal-hal bermanfaat yang dapat dijadikan status atau mungkin hanya sekedar berkomunikasi dengan sahabat.

  1. Jauhi perdebatan

Perdebatan yang membawa kegunaan atau dapat menambah wawasan mungkin masih bersifat positif, namun jika sudah mengarah pada hal yang tidak sehat segera abaikan saja.

  1. Pastikan akun Anda memiliki proteksi yang baik

Anda pastinya pernah melihat atau mungkin juga mengalami sendiri akun yang diretas oleh orang tidak bertanggung jawab. Nah, pastikan akun Anda terproteksi dengan baik dengan kata sandi yang hanya Anda yang mengetahui, atau dapat juga Anda tambahkan lapisan keamanan lain agar Anda bisa nyaman dan aman menggunakan media sosial.

Penulis : Harmeno

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password