Operasi Keselamatan Semeru 2018 segera Digelar, ini Sasarannya

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek – Kepolisian Resort Trenggalek menyatakan kesiapannya menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Keselamatan Semeru 2018. Kesiapan tersebut dibuktikan dengan Apel Gelar Pasukan di halaman Mapolres yang diikuti oleh ratusan personel lintas instansi diantaranya, TNI, Polri, Basarnas, Dishub, Satpol PP dan Senkom, Kamis (01/03).

Bertindak selaku pimpinan apel adalah Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. dan Komandan Apel Iptu Radyati Putri Pradini, S.I.K.

Dalam Sambutan Kapolri yang dibacakan oleh AKBP Didit menyatakan, Operasi Keselamatan Semeru 2018 berlangsung selama 21 hari terhitung sejak tanggal 5 hingga 25 Maret 2018 dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalulintas untuk mendukung kebijakan Promoter Kapolri guna terciptanya Kamseltibcarlantas.

“Permasalahan bidang lalulintas merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh Polantas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah, dan solusinya yang diterima  dan dijalankan oleh semua pihak” ucap AKBP Didit dihadapan seluruh peserta Apel.

“Pada pelaksanaan Operasi Keselamatan tahun 2018 kali ini ada beberapa pelanggaran yang  menjadi sasaran yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas antara lain, melawan arah lalu lintas khususnya kendaraan motor, menggunakan handphone waktu mengemudi, berboncengan lebih dari satu dan berkendaraan belum cukup umur” imbuhnya.

Sementara itu, Kabagops Polres Trenggalek AKP Heru Kunbiantoro, S.Sos. menuturkan, personel yang terlibat dalam Operasi Keselamatan Semeru 2018 sebanyak 59 personel terdiri dari gabungan antar fungsi Kepolisian.

“Ada 59 orang yang terlibat, terbagi menjadi 5 Satgas. Satgas Deteksi dipimpin Iptu I Wayan Sumantra dari Intelkam, Satgas Preemtif Iptu Agustyo Kanitdikyasa Satlantas, kemudian ada Satgas Preventif dipimpin Kanitregident Satlantas Iptu Radyati Putri Pradini, S.I.K., Satgas Gakkum langsung dibawah kendali Kasatlantas AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K. dan terakhir Satgas Banops dipimpin oleh AKP Suprapto, SH dari Bagsumda” terang AKP Heru.

3e7359e2-8c9e-483c-94f6-afa607e7a45a

Dihubungi terpisah, selaku fungsi kepolisian yang dikedepankan dalam Operasi Keselamatan Semeru 2018 ini, Kasatlantas AKP Ricky Tri Dharma menegaskan, pihaknya akan meningkatkan upaya-upaya Kepolisian terpadu dengan melibatkan semua stake holder agar tujuan operasi dapat tercapai optimal.

“Berbeda dengan kegiatan rutin biasa. Khusus operasi seperti ini pasti ada peningkatan kegiatan baik dari sisi intensitas maupun kualitasnya” jelas AKP Ricky.

Karena operasi ini merupakan operasi bidang lalu lintas, AKP Ricky berharap sebelum berkendara, masyarakat memeriksa terlebih dahulu kelengkapan kendaraan seperti spektek, helm dan sabuk pengamanan serta surat-surat kelengkapan kendaraan.

“Kuncinya, taati peraturan lalu lintas, tertib dan berkeselamatan” pungkasnya.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password