Kapolda Papua Hadiri Rapat Koordinasi Penandatanganan Penyelamatan Sumber Daya Alam

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua – Di Gedung Sasana Krida kantor Gubernur Provinsi Papua, Kapolda Papua Irjen Pol Drs Boy Rafli Amar MH menghadiri Rapat koordinasi penandatanganan deklarasi dan rencana aksi penyelamatan sumber daya alam di tanah papua. Kamis (01/03/18).

Turut hadir dalam kegiatan yakni Pimpinan KPK Bapak Saut Situmorang,  PJS Gubernur Papua Mayjen TNI Soedarmo, Kasdam XVII Cenderawasih Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E, Ketua DPRP Bapak Yunus Wonda, SH, MH, Ketua MRP Bpk Timotius Murib, Kajati di wakili oleh As Pidsus Bapak Bangkit Sormin Siregar, dan Forkopimda Serta tamu undangan yang berjumlah 300 orang.

Kapolda Papua dalam sambutannya menyampaikan bahwa Ini adalah wujud upaya dalam membangun komitmen kebangsaan kenegaraan yang merupakan mandat yang termuat dalam UUD 1945.

c38cc929-69de-4ce4-845e-e1ee32a66a75

Tentu negara mengeluarkan regulasi tata kelola yang dilaksanakan oleh unsur pemerintah, jika implementasi itu dilakukan  dengan benar maka kemakmuran rakyat diharapkan terwujud karena dari tata kelola itulah akan ada berbagai hal yang menjadi bagian pemasukan Negara.

Melihat tata kelola di bidang pertambangan, kehutanan, perikanan, kelautan dimana pada umumnya kita sudah mempunyai aturan itu sejak lama dan bahkan turunannya peraturan menteri bahkan di Papua ada otonomi khusus tetapi kita kembali merujuk ke UUD 1945.

“Dengan Momen deklarasi ini kita bersama-sama bangun komitmen untuk menjaga, pelihara kesinambungan upaya pemeliharaan tata kelola SDA yang ada di tanah Papua yg tentunya harus diorientasikan untuk kemakmuran rakyat Indonesia dan Papua,” Tutur Kapolda Papua.

52588060-a903-4b84-864f-e0e96ac9ee0b

Kapolda juga mengatakan Tugas edukasi rakyat adalah pemerintah provinsi dan kabupaten mari kita sama2  menjaga komitmen ini kita jaga dan bangun agar masyarakat kita menjadi cerdas dalam memanfaatkan SDA kita.

Mari sama-sama edukasi warga kita agar mereka jadi cerdas, sadar dan memahami bahwa exploitasi hasil lautan dibidang pertambangan diatur oleh aturan hukum yang ada.

Selain itu kapolda juga mempernkenalkan salah satu programnya yakni polisi sahabat alam di mana kepolisian ikut bertanggung jawab dengan lingkungan hidup yang nantinya akan mencintai lingkungan hidup.

Penulis                 : Fajar Surya Irianto

Editor                    : Alfian Nur

Publish                 : Fajar Surya Irianto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password