Pengabdian Lintas Batas, dari Antar Belanja, Masak, hingga Bantu Jualkan Sayur

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek – Dibawah kepemimpinan seorang AKP Ricky Tri Dharma, S.H., S.I.K. bisa dikatakan jajaran Satlantas Polres Trenggalek semakin moncer. Banyak ide-ide brilian yang ia realisasikan guna meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat. Berbagai perubahan mendasar tentang tata kelola pelayanan publik ia kemas dengan cukup apik sehingga hasilnya tidak hanya dirasakan oleh anggota tetapi juga masyarakat secara luas.

Kepedulianya terhadap masyarakat miskin dan kaum marjinal juga tak perlu diragukan lagi. Melalui program Polantas Berbagi AKP Ricky mencoba merangkul semua elemen masyarakat sekaligus memberikan edukasi tentang tertib berlalulintas.

Bicara tentang kepedulian, baru-baru ini Alumni Akpol tahun 2007 ini kembali meluncurkan sebuah gagasan baru yang mengedepankan para Srikandi jajarannya bertajuk Polwan Peduli Sesama.

“Konsep kegiatannya, setiap bulan Polwan Satlantas akan mengunjungi salah satu warga yang sebelumnya telah disurvei terlebih dahulu. Nah, para Polwan ini akan menemani warga tersebut beraktifitas. Mulai dari belanja ke pasar, memasak bersama hingga membantu pekerjaan mereka dalam mencari nafkah” ungkap AKP Ricky.

Adalah Ibu Bibit, warga Kelurahan Ngantru yang menjadi jujukan pertama dari kegiatan ini. Dipimpin langsung oleh Kanitregident Satlantas Iptu Radyati Putri Pradini, S.I.K. bersama 6 orang Polwan Satlantas berkunjung ke rumah Ibu Bibit. Kedatangan para Polisi Wanita yang tak disangka-sangka ini tak pelak membuat Ibu Bibit kaget. Namun setelah dijelaskan maksud kedatangannya, raut wajah Ibu Bibit pun berubah berganti senyum sumringah.

“Jadi Ibu Bibit ini tinggal seorang diri. Dua anaknya sudah berkeluarga dan tinggal di luar kota. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari berjualan makanan dan sayur matang di Poskamling tak jauh dari rumahnya” jelas Perwira muda yang kerap dipanggil Putri ini.

Para Polwan ini pun tak segan mengantar Ibu Bibit belanja ke pasar di pagi buta, memasak bareng-bareng, menyiapkan dagangan hingga membantu berjualan.

“Alhamdulillah gak sampai sore dagangan sudah habis terjual semua. Soal masak memasak Ibu Bibit memang jagonya. Yang penasaran, silakan datang saja ke warungnya Ibu Bibit. Semua masakan ada. Ayam Lodho, sayur lodeh, bumbu rujak, lengkap” ujar Iptu Putri memuji.

Iptu Putri mengungkapkan, banyak pengalaman menarik yang ia dapat setelah seharian bersama ibu Bibit. Bagaimana seorang wanita bekerja seorang diri dari pagi hingga sore hari untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Terkadang hasil yang didapatpun tak seberapa. Namun seorang Ibu Bibit tak pernah mengeluh. Yang selalu terpancar justru rasa bersyukur atas semua pemberian dan rezeki dari Tuhan.

“Seru tapi juga terharu. Sedemikian gigihnya seorang ibu Bibit ini. Dari pagi sampai sore lho. Beruntung hari ini siang sudah habis semua” ujar Iptu Putri.

Setelah sukses membantu berjualan sampai habis, Iptu Putri berpamitan seraya menyerahkan bingkisan berupa sembako dan keperluan sehari-hari kepada Ibu Bibit. Suasana haru pun sempat terasa saat itu. Tak terasa, mata Iptu Putri terlihat berkaca-kaca.

“Terima kasih Ibu sudah memberi kesempatan kami menemani Ibu” ucap Iptu Putri.

Maturnuwun (terima kasih.red) semuanya. Saya ndak (tidak.red) bisa membalas apa-apa. Semoga Gusti Allah mencatat sebagai amal ibadah panjenengan sedoyo (Anda semua.red)” balas Ibu Bibit dengan logat jawa yang medok.

Iptu Putri berharap, dengan kehadiran para Polwan walaupun hanya sehari akan membawa manfaat bagi Ibu Bibit. Disisi yang lain, kegiatan seperti ini diharapkan juga bisa menginspirasi masyarakat untuk peduli dan saling berbagi dengan sesama.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password