Risau Akan Kenakalan Remaja, Bhabinkamtibmas Ini Berikan Pembinaan kepada Siswa Sekolah

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Bhabinkamtibmas Desa Banyuanyara Bripka Zainal Halim melaksanakan kegiatan pembinaan siswa dan siswi SMPN 1 Mapsu Dusun Kunjung, Desa Banyuanyara, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, Senin (28/02/18).

Bhabinkamtibmas Bripka Zainal Halim memberikan himbauan dan menyampaikan kepada siswa dan siswi bahwa  bhabinkamtibmas pada saat ini akan selalu mengawasi dan memantau perkembangan tingkah laku siswa-siswi kalau di luar jam pelajaraan, sebab banyak kejadian kenakalan remaja yang di sebabkan dengan kurangnya perhatian dan pengawasan orang tua kepada anaknya karena beranggapan bhw anaknya sudah kesekolah.

Seperti yang terjadi beberapa hari yang lalu telah didapati siswa dan siswi yang ngumpul sedang hisap lem fox, sehingga bhabinkamtibmas langsung mengumpulkan para siswa-siswi dan menghimbau kepada para siswa- siswi SMPN 1 Mapsu agar waspada dan menjauhi terhadap obat obat terlarang termasuk hisap lem karena obat/lem fox tersebut akan merusak mental para siswa –siswi.

Ia juga menyarankan kepada siswa-siswi apa bila ada seseorang yang menawarkan berupa obat atau sejenis permen yang kamu tidak ketahui orang tersebut langsung menghubungi bhabinkamtibmas atau melapor kekantor polisi terdekat.

Bhabinkamtibmas Desa Banyuanyara Bripka Zainal Halim menerangkan bahwa dengan kegiatan ini berharap orang tua dan guru bisa mendidik dan lebih peka terhadap perkembangan anaknya supaya tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas yang nantinya akan merugikan dirinya sendiri.

Kemudian bhabinkamtibmas menambahkan bahwa upaya ini akan terus kita tingkatkan demi mencegah kenakalan remaja dan lebih meningkatkan peran orang tua untuk memperhatikan dan mengawasi tingkah laku anaknya. Tidak hanya dengan siswa-siswi saja, Bripka Zainal Halim juga berpesan kepada guru untuk ikut berperan aktif dalam mendidik serta mengawasi siswa siswinya pada saat di sekolah dan diharapkan para guru harus memberikan contoh yang baik untuk muridnya.

Disalin dari kompasiana.com, Orang tua berperan sebagai sebagai pembentuk karakter dan pola pikir dan kepribadian anak. Oleh karena itu, keluarga merupakan tempat dimana anak-anaknya pertama kali berkenalan dengan nilai dan norma. Walaupun di dalam keluarga tidak terdapat rumusan kurikulum dan program resmi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, akan tetapi sifat pembelajaran di dalam keluarga sangat potensial dan mendasar.

Perhatian juga diberikan orang tua agar anaknya mendapatkan prestasi di sekolahnya dan kelak dapat tercapai cita-cita anaknya selain itu anaknya agar mampu menjadi pribadi yang mandiri. Bimbingan dan perhatian dari orang tua sangat diperlukan oleh anaknya dalam proses pencapaian prestasi belajarnya, Jadi dengan kata lain, perhatian orang tua merupakan faktor utama dalam membimbing, mengarahkan, dan mendidik anaknya di kalangan keluarga sehingga anaknya menjadi generasi penerus yang lebih baik. Perhatian dan teladan orang tua akan dicontoh anak-anaknya dalam pembentukan karakter anaknya. Orang tua sebagai pengasuh dan bertanggung jawab penuh kepada anaknya baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah.

Adapun beberapa bentuk pengawasan orang tua terhadap anaknya, seperti  selalu berkomunikasi kepada anak, agar tahu perkembangan anak, dan anak pun tidak sungkan mau bercerita kepada Orang Tua apa yang terjadi dilingkungan sekolahnya, teman-temannya, dengan begitu orang tua bisa memberikan masukan, motivasi, nasihat yang berguna kepada anak.

Orangtua sedapat mungkin harus melakukan pendekatan terhadap anak-anaknya. Sehingga tidak ada jarak antara orangtua dengan anak, sekaligus pada kesempatan tersebut orangtua bisa menyisipkan bagaimana dampak negatif.

Selanjutnya peran guru di sekolah juga cukup manjur untuk  memberikan arahan pemikiran bagi anak didik agar tidak melakukan penyimpangan seksualitas.
Juga dengan memperkuat ilmu agama di kalangan anak didik sehingga mereka benar-benar memahami bahwa penyimpangan yang dilakukan menjadi sebuah kejahatan atau dosa.

Penulis : Yoan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password