Rapat Koordinasi Keamanan dan Keselamatan Kerja di Kawasan Pelabuhan Samudera Bitung

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Polri dan instansi terkait terus meningkatkan sinergitas dalam rangka keamanan dan keselamatan kerja di Kawasan Pelabuhan Samudera Bitung.

Salah satunya dengan menggelar rapat koordinasi yang dibuka oleh Kapolsek KPS Iptu Fandi Ba’u, SIK di terminal penumpang Pelabuhan Samudera Bitung, Rabu (28/2/2018).

Dalam pertemuan tersebut turut dihadiri oleh Wakapolsek KPS Iptu Moch Taufiq, S.Sos, perwakilan dari Pelindo IV, perwakilan KSOP, dan GM TPB I Made Herdianta Gautama dan dari pihak TKBM sebagai pembicara Tony Yunus, SE, anggota DPRD Kota Bitung Beno Mamentu.

“Peran Polri dalam ruang lingkup kerja di pelabuhan tidak terpisahkan dari 3 instansi terkait yaitu Kementrian perhubungan dalam hal ini KSOP, Polri, dan Kementerian Tenaga Kerja,” ujar Beno

Ia menjelaskan, setiap kegiatan kerja selalu melakukan koordinasi dengan tiga instansi tersebut, ketika bekerja selalu mengedepankan keselamatan kerja.

Sesuai UU no 13 Tahun 2003 tentang Tenaga kerja, dalam ruang lingkup kerja ada beberapa tempat yang merupakan lokasi buruh TKBM bekerja, antara lain Dermaga LCT, Dermaga Nusantara dan TPB.

“Ketika terjadi kecelakaan kerja, tenaga kerja adalah tanggung jawab TKBM untuk memperhatikan anggota buruh yang mengalami kecelakaan ketika sedang bekerja juga istri dan anaknya,” katanya yang juga selaku Pengurus TKBM.

Sementara itu Kapolsek menyampaikan agar keselamatan kerja diutamakan dalam bekerja dan selalu menggunakan perlengkapan keselamatan kerja sesuai SOP.

Anggota DPRD Kota Bitung Tonny Yunus, SE juga selaku Ketua pengawas TKBM menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah Kota Bitung melalui DPRD sedang merencanakan Perda tentang tenaga kerja lokal, dimana perusahaan harus mengutamakan tenaga kerja lokal.

Penulis: Humas Polres Bitung
Editor: Alfian
Publish: Supri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password