Satlantas Polres Mamasa Tanamkan Tata Tertib Lalu Lintas di Usia Dini

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Berbagai upaya yang dilakukan Satlantas Polres Mamasa dalam menanamkan tata tertib lalu lintas pada usia dini. Salah satunya dengan adanya taman lalu lintas portable. Meski tampak sederhana, namun manfaat yang didapat cukup banyak. Anak-anak bisa mengetahui secara langsung apa yang harus dilakukan saat berada di jalan raya. Rabu tgl 28 Februari 2018 pukul 08.45 Wita.

Kapolres Mamasa AKBP Arianto melalui Kasatlantas Polres Mamasa menuturkan, ide membuat taman lalu lintas ini berawal dari keinginan kuat membuat media pembelajaran bidang lalu lintas bagi pelajar usia dini. Sehingga anak-anak akan mudah memahami.

Sedikit Dijelaskan bahwa Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman kebiasaan, nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi berikutnya atau generasi lainnya kedalam suatu kelompok atau masyarakat. Jadi, sosialisasi dapat diartikan sebagai proses pembelajaran seseorang individu mengenai hal-hal yang belum diketahui. Sedangkan keselamatan adalah perlindungan terhadap fisik seseorang individu ataupun keadaan sejahtera dari keadaan aman secara fisik, sosial, spiritual dan finansial.

Jadi, Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas Pada Anak Usia Dini adalah proses penanaman nilai dan aturan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh institusi yang bersangkutan kepada anak yang dapat dikatakan usia dini (Balita sampai dengan sepuluh tahun).

Nilai dan aturan dalam berlalu lintas telah ditetapkan oleh pihak Dirlantas dan Polantas, dari nilai dan aturan yang telah ditetapkan itu diberitahukan kepada anak-anak yang berusia diatas lima tahun sampai dengan usia sepuluh tahun (anak usia dini), dimana pemberitahuan itu tentang bagaimana berlalu lintas (berkendara, menggunakan jalan dan tata tertib berlalu lintas) agar mereka selamat dalam berlalu lintas dikemudian harinya.

Adapun maksud dari kegiatan ini adalah memberikan penjelasan dan pengetahuan tentang berlalu lintas dengan baik dan memperkenalkan rambu-rambu lalu lintas kepada anak-anak usia dini. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah anak-anak usia dini memahami prosedur berlalu lintas dengan baik dan dapat mengenal semua rambu-rambu lintas dengan baik dan benar. Serta dapat mengurangi angka mortalitas karena kecelakaan lalu lintas di kemudian harinya.

Kegiatan sosialisasi ini pembelajaran tata tertib berlalulintas kepada kelompok pelajar usia dini dari TK UMMI AN-NISA MAMASA di taman lalulintas polres Mamasa.
Giat meliputi bimbingan dan arahan tata cara berlalulintas yang baik dan benar sesuai ketentuan UU No. 22 tahun 2009 ttg LLAJ, diantaranya Pengenalan rambu lalulintas, cara menyeberang jalan, serta mengajak seluruh siswa berkeliling mako polres untuk mendekatkan anak-anak kepada personil Polri.

Penulis : Humas Polda Sulbar

Editor    : Alfian

Publish : Andi Srirahayunita

Admin Polri56114 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password