Kumpulkan Para Penyidik, Kapolda Sulsel Apresiasi Kinerjanya dari Pelayanan Hingga Pengungkapan Kasus

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono memberikan arahan kepada personel Reserse Kriminal (Reskrim), baik itu Reskrim Umum, Reskrim Khusus dan Reskrim Narkoba di Ruangan Ballalompoa Hotel Harper Makassar, Rabu (28/02/18).

Nampak hadir mendampingi Kapolda, Dir Res Narkoba Kombes Pol Eka Yudha Satriawan dan Wadir Krimsus Akbp Agus Sudarmadi serta seluruh Kabag, Kasubdit dan Panit fungsi Reskrim.

Diawal sambutannya Kapolda mengungkapkan apresiasinya terhadap kinerja Polda Sulsel, khususnya jajaran pengembang fungsi Reserse, baik itu Reskrimum, reskrimsus dan Resnarkoba dalam menangani kasus kriminal.

“Berdasarkan evaluasi saya selama bertugas di Polda Sulsel selama 3 bulan terakhir, saya lihat kinerja kalian (Reskrim) sangat luar biasa,” puji Kapolda Sulsel dihadapan ratusan peserta.

Sedangkan secara teknis, kata Kapolda, sudah sesuai prosedur operasional yang lengkap, ditambah dengan proses penangkapan pelaku kriminal yang terbilang memuaskan dan cepat.

“Secara teknis sudah sangat lengkap (Administrasi, pen) dan penangkapan di Polda Sulsel saya nilai sangat cepat,” ucapnya.

Lebih lanjut Kapolda mengingatkan bahwa dalam menangani kasus personel harus memegang teguh program Kapolri yakni Promoter (Profesional, modern dan terpercaya), “Bijak utama promoter adalah peningkatan kinerja, perbaikan kultur dan manajemen media.

Untuk mengimplementasikan Promoter  tersebut, kata Kapolda, perlu kecerdasan Intelektual, spiritual dan emosional serta mendukung penuh kebijakan pemerintah dengan melibatkan stakeholder terkait gakkum (Penegakan hukum) secara profesional dan proporsional.

Tidak hanya itu (Pelibatan stakeholder), juga dibutuhkan peran serta seluruh komponen masyarakat dalam menghadapi tantangan gangguan kamtibmas (Keamanan dan ketertiban masyarakat) kedepan.

Untuk Pilkada, kata Kapolda, kita optimalkan penegakan hukum, adapun strategi Approach (Pendekatan) dalam rangka pengamanan Pilkada adalah dengan proactive prevention (Proaktif dalam pencegahan), preventive action (Tindakan preventif).

“Optimalkan sinergi dan perkuatan dari TNI, dukung optimalisasi kinerja Satgas (Satuan tugas), optimalisasi anggaran Pilkada plus perketat pengawasan,” pungkasnya.

 

Demi meningkatkan profesionalisme kerja para penyidik Kapolda mengingatkan agar tidak mempermainkan hukum dengan membelok-belokan kasus, “Jangan pernah menzolimi dan jangan membelok-belokkan yang benar,” ucapnya.

Para penyidik dalam melakukan penegakan hukum harus selaras dengan tujuan Nasional dan kebijakan pemerintah, “Penegakan hukum yang dilakukan jangan sampai menimbulkan gangguan Kamtibmas, penegakan hukum dilakukan untuk mencegah terjadinya konflik dan dilakukan secara cepat,” pumgkasnya.

Untuk mewujudkan penegakan hukum yang selaras dengan tujuan Nasional dan kebijakan pemerintah salah satunya dengan menggunakan sarana teknologi yakni melalui sistem case management/e-sidik dalam proses penyidikan tindak pidana dan dilakukan sendiri oleh penyidik.

Terakhir Kapolda mengingatkan kepada seluruh penyidik agar terus membangun kerjasama dengan seluruh stakeholder untuk menciptakan suasana Pilkada yang kondusif.

Penulis : Marwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password