Narkoba di Kalsel : Komplotan Pengedar Diduga Zenith Dibekuk Polres Balangan

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan berhasil mengungkap pemasok obat daftar G diduga jenis Carnophen atau yang biasa disebut Pil Zenith di wilayah Kabupaten Balangan.

Pengungkapan yang dilakukan jajaran Polres Balangan itu bermula dari penangkapan dua tersangka yang diduga pengedar ‘Pil Jin’ itu yakni, RH (25) warga Desa Galumbang, Kecamatan Juai dan SB (24) warga Desa Binjai Punggal, Kecamatan Halong yang diringkus di Desa Halong Rt 02, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Minggu (25/2/2018).

Dari situlah, Satuan Resnarkoba Polres Balangan melakukan pengembangan. Dari keterangan kedua tersangka, obat tersebut didapat dari seseorang di Paringin.

Tak menunggu lama, anggota Satresnarkoba langsung melakukan pencarian terhadap terduga pemasok obat tersebut. Alhasil, petugas berhasil menangkap terduga, yakni RF (22) warga Kelurahan Paringin Kota, Kecamatan Paringin, Senin (26/2/2018).

WhatsApp Image 2018-02-27 at 14.27.07

Tak habis di situ, RF juga memberikan keterangan kalau dirinya mendapatkan pasokan obat tersebut dari warga Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Anggota Satresnarkoba Polres Balangan kembali melanjutkan aksinya. Bersama Polsek Halong, petugas melakukan pemancingan terhadap tersangka melalui RF bersama salah satu anggota polisi yang menyamar sebagi pembeli.

Setelah berhasil dipancing hingga melakukan transaksi, akhirnya anggota berhasil menangkap HS alias Anten (25) warga Jalan Abdul Gani Majedi, Kelurahan Paliwara. Dari penangkapan tersangka, ditemukan sebanyak 107 butir obat daftar “G” duga dijenis Carnophen.

Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni melalui Kasat Narkoba Iptu Suherman membenarkan penangkapan kedua pemasok sekaligus penjual obat diduga Carnophhen di wilayah Balangan itu. Menurutnya, penangkapan tersebut berkat hasil kerjasama Polres Balangan dan warga masyarakat yang sadar akan bahaya narkoba dan obat-obatan terlarang.

“Penangkapan ini berkat laporan masyarakat yang prihatin dengan maraknya peredaran narkoba dan obat ilegal di lingkungan mereka hingga kami tanggapi serius dengan menangkap pelakunya,” ujar Iptu Suherman.

Semua tersangka beserta barang bukti sudah diamankan di Polres Balangan dan pelaku akan dikenakan pasal mengedarkan sediaan farmasi yang sudah ditarik ijin edarnya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 197 jo 196 UU Nomor 36 Tahun 2009.

Penulis : Ifit, Lois
Editor   : Alfian
Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password