Pilkada Papua Aman dan Damai: Polres Mimika Terjunkan 50 Personel Amankan Sidang Musyawarah Penyelesaian Sengketa

Pilkada Papua Aman dan Damai Polres Mimika Terjunkan 50 Personel Amankan Sidang Musyawarah Penyelesaian Sengketa

Tribratanews.polri.go.id Polres Mimika – Kapolres Mimika AKBP Indra Hermawan, SH, SIK, MH melalui Kasubag Progar Iptu Muh. Syawal memimpin pengamanan Sidang Musyawarah Penyelesaian Sengketa Calon Bupati dan Wakil Bupati Kab. Mimika di kantor Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), Jl. Yos Sudarso, Distrik Mimika Baru, Selasa (27/02) siang.

Sidang Musyawarah penyelesaian Sengketa Calon Bupati dan Wakil Bupati Eltinus Omaleng, SE, MH dan Johanes Rettob, S.Sos, MM (OMTOB) ini dipimpin langsung oleh  Ketua Panwas Toni Agapa selaku Pimpinan Musyawarah dan diikuti sekitar 30 orang pendukung.

Peserta sidang yang hadir terdiri dari pemohon Calon Wakil Bupati Johanes Rettob, S.Sos (Pasangan OMTOB) bersama 7 orang tim serta termohon Ketua KPUD Kab. Mimika Theodora Ocepina Magal, S.KM bersama 4 orang anggota komisioner KPU. Untuk Gakumdu sendiri, terdiri Ketua Panwas Toni Agapa, Fransiskus Kemong, Yohanes Wato dan Imelda Ohee.

Dalam sidang tersebut, Matius, SH selaku Kuasa Hukum KPUD Kab. Mimika mengatakan, termohon memohon kepada Panwaslu Kab. Mimika untuk menjatuhkan putusan yaitu menerima eksepsi termohon. Bahwa Eltinus Omaleng menggunakan ijazah yang berbeda pada pendaftaran Bupati tahun 2014 dan pada pencalonan 2018 yakni pada tahun 2014 menggunakan ijazah dari Jayapura (SMP-SMA), sedangkan pada pencalonan tahun 2018 menggunakan ijazah dari Makassar (SMP-SMA).

“Permohonan pemohon tidak dapat diterima dan batal demi hukum. Penetapan pasangan calon peserta pemilihan bupati dan wakil bupati Kab. Mimika tahun 2018 dan berita acara nomor 17/PL.03.3-BA/9109/KPU-Kab/II/2018 tentang penetapan pasangan calon peserta pemilihan bupati dan wakil bupati Kab. Mimika tahun 2018 tertanggal 18 Februari 2018 adalah sah menurut hukum,” jelas Matius.

Sidang Musyawarah kemudian diskors dan akan dilanjutkan pada esok hari, Rabu tanggal 28 Februari 2018, pukul 11.00 wit.

Pilkada Papua Aman dan Damai Polres Mimika Terjunkan 50 Personel Amankan Sidang Musyawarah Penyelesaian Sengketa-

Penulis: Riyanto

Editor: Alfian Nur

Publisher: Rei

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password