Resmikan Pabrik Moderent Rice Milling, ini Harapan Kapolda Sulbar

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Menghadiri Peresmian Pabrik Modernt Rice Milling (Penggilingan padi) di Kec. Kalukku Mamuju, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si juga dipercayakan untuk meresmikan Pabrik yang dimaksud, Selasa (27/2/18).

Pabrik Modernt Rice Milling adalah milik PT. Mitra Argo Manakarra dibawa kendali DR. H. Suhardi Duka, MM.

Peresmian Rice Milling ini dihadiri pula oleh Para Pejabat Utama Polda Sulbar (Dir Sabhara, Dir Binmas, Dir Obvit, Wadir Intel dan Kabid Humas), Bupati Mamuju, Dandim 1418 Mamuju, Kasdim, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan tamu undangan lainnya.

Kapolda Sulbar dalam kesempatan pertamanya mengatakan Bapak presiden Joko Widodo dalam suatu rapat kabinet, menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi di Sulbar pada tahun 2017 yang lalu mencapai 7, 38 %. Dimana pendorong utama pertumbuhan ekonomi berasal dari sektor pertanian.

Untuk itu, perkembangan sektor pertanian di Prov. Sulbar harus senantiasa kita dorong agar lebih maju dan modern, sehingga mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak serta dapat menekan angka ketimpangan dan kemiskinan di wilayah kita ini.

Dengan diresmikannya Pabrik Modernt ini, diharapkan peningkatan kesejahteraan masyarakat di bidang pertanian dapat semakin dirasakan dan persoalan yang ada selama ini dapat teratasi khusnya dapat memperbaiki tata niaga produksi beras di Sulbar, Tutur Kapolda.

Menurut Kapolda, Rice Milling bertujuan untuk membantu peningkatan kesejahteraan dan mengatasi kendala-kendala yang dialami oleh para petani utamanya dalam mengolah hasil pertaniannya dan tentunya dapat menstabilkan harga pangan di Sulbar, Kata Kapolda.

Selain itu, program Rice Miling tersebut juga di fasilitasi dengan bantuan mesin penggilingan padi yang baik, sehingga hasil pertanian juga lebih cepat dinikmati.

“Kita berharap hadirnya Rice Milling ini petani dapat meningkatkan taraf hidup serta memberikan mamfaat bagi masyarakat di Prov. Sulbar pada umumnya sekaligus dapat menjadi promosi bagi Kabupaten Mamuju untuk didistribusikan ke daerah-daerah lainnya,” Ungkap Kapolda.

Sementara itu, Bupati Mamuju pada kesempatanya mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi adanya Rice Milling yang tentunya akan sangat membantu masyarakat tani.

Menurutnya, kondisi tata niaga di daerah kita ini harus diperbaiki, jika mata rantai pertanian terputus pasti akan terjadi inflasi jadi dengan adanya pabrik moderent di Rice Milling ini tentu akan sangat membantu stabilitas harga pangan di Kab. ” ujar Bupati.

Dalam peresmiannya, Rice Malling juga dirangkaikan dengan penyerahan Infaq berupa beras kepada 2 Pondok pesantren dan 3 panti asuhan.
Sementara itu, peresmian Pabrik Modern Rice Malling ditandai dengan pengguntingan pita sekaligus peninjauan langsung kondisi atau kesiapan operasi pabrik.

Disamping itu, Kabid Humas Polda Sulbar AKBP Hj. Mashura, SH juga menjelaskan bahwa Pabrik ini mampu beroperasi dalam sehari dengan menghasilkan hingga 50 Ton beras, sehingga kehadirannya akan sangat membantu tata niaga di Kab. Mamuju, terangnya.

Diakhir kegiatan, Kapolda Sulbar di dampingi Bupati dan Dandim melepas Mobil Operasional pengangkut beras yang akan di distribusikan ke Bulog dan satunya ke Palu.

Penulis : Wirad

Editor   : Alfian

Publish : Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password