Polisi Berhasil Ringkus Pelaku Pencurian Handphone Kembangkan 3 TKP Curat Ranmor

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung , selasa tanggal 27 februari 2018, Kapolres Way Kanan AKBP Doni Wahyudi, S.IK melalui Kapolsek rebang tangkas Iptu Jauhari menerangkan bahwa Tim Tekab 308 Polsek Rebang Tangkas berhasil mengamankan satu pelaku  kasus pencurian biasa dan pencurian dengan pemberatan (curat).

Berdasarkan laporan korban Risnawati (25) warga Dusun Rindu Hati Kp. Mulya Jaya Kec. Rebang Tangkas Kab. Way Kanan, yang terjadi pada hari minggu (20/02/18) di Polsek Rebang tangkas tentang telah terjadi pencurian biasa dan petugas berhasil kembangkan tiga TKP (tempat kejadian perkara ) pencurian kendaraan bermotor.

Awalnya diduga pelaku an. Jarno pada hari selasa, tanggal  20-02-2018 pukul 07:00 WIB, berkunjung kerumah korban untuk bermain, saat korban sedang memasak di dapur, setelah korban kembali ke ruang tamu, melihat Handpone samsung J5 warna hitam putih, miliknya yang diletakan di atas meja ruang tamu sudah tidak ada, dan pada saat itu juga Risnawati tidak melihat lagi pelaku di rumahnya tersebut, sehingga korban melaporkan kejadian yang dialami ke Polsek Rebang Tangkas.

Dari hasil penyelidikan Tim berhasil mengamankan pelaku Jarno warga  Kp. Karya Maju Kec. Rebang Tangkas Kab. Way Kanan  tanpa perlawanan dengan Barang Bukti satu unit HP android merk samsung J5 warna hitam putih, pada hari senin (20-02-2018) jam 11:00 WIB,  dari informasi masyarakat, bahwa pelaku diamankan saat berada di Kp. Lebak Peniangan Kec. Rebang tangkas Kab. Way kanan, kemudian tim Tekab 308 membawa tersangka dan barang bukti ke Polsek rebang tangkas guna penyidikan lebih lanjut.

Pelaku Jarno merupakan residivis, kasus curat HP tahun 2014 di wilayah hukum Polsek Rebang Tangkas, tidak ingin gegabah petugas melakukan pemeriksaan intensif  dan  hasilnya  pelaku mengakui bahwa dirinya juga pelaku utama terjadinya curat ranmor di wilayah rebang tangkas pada awal tahun 2018 ini, dimana sudah ada tiga laporan polisi dari korban yang mengalami kehilangan sepeda motor.

Disebut – sebut kasus curat ranmor pertama terjadi pada hari sabtu, (20-01-2018 ) pukul 05:00 WIB, di Dusun Pengkolan Kp. Karya Maju Kec. Rebang Tangkas Kab. Way Kanan, saat itu korban Imron (35) bangun tidur, mengetahui sepeda motor merk honda absolute revo motor milik korban sudah tidak ada, yang terparkir dalam rumah. Lalu , setelah tiga belas hari Jarno bersama Robi warga Kp. Sinar Napalan Kec. Buay Pemacak Kab. OKU Selatan (perannya turut membantu jarno dalam melakukan aksinya) dengan modus yang sama pelaku jarno mengulangi perbuatannya pada hari kamis (01-02-2018) pukul 04:00 Wib, melakukan curat di Dusun air melintang Kp. Gunung Sari Kec. Rebang tangkas Kab. Way Kanan, mencuri sepeda motor merk yamaha vega ZR milik korban Heri Susanto (35) yang sebelumnya diparkirkan dalam garasi rumah korban.

Masih mengenai Palaku jarno, kembali  pada hari senin, 20-02-2017, jam 04:00 WIB, telah terjadi Curat di Dusun Rantau Jaya Kp. Air Ringkih Kec. Rebang Tangkas Kab. Way Kanan, yang dilakukan Jarno pada saat korban sedang tidur, korban menyadari setelah Sudirman tetangga korban,  menyampaikan bahwa pintu depan rumah korban sudah terbuka, dan kemudian korban melihat sepeda motor Yamaha Vixion warna merah miliknya telah hilang yang terparkir didalam rumah. Namun pelaku Jarno tidak sendiri, melainkan bersama Sudarpoyo alias Bandot (49) warga Kp. Air Ringkih Kec. Rebang Tangkas Kab. Way Kanan (berperan sebagai penunjuk arah  dan menyuruh melakukan pencurian) dirumah korban an. Muis Arbi (26).

Kronologis penangkapan rekan pelaku Jarno berhasil diamankan pada hari Jumat tanggal (23-02-2018) sekira pukul 16:00 WIB,  yakni tersangka Robi Sugaria sedang berada di sekitar di Kp. Sinar Napalan Kec. Buay Pemacak Kab. OKU Selatan tanpa perlawanan, dan dihari yang sama pada pukul 19:00 WIB, tersangka Sudarpoyo alias Bandot turut diamankan di Kp. Air Ringkih Kec. Rebang Tangkas Kab. Way Kanan.

Penulis : Adi Pranoto / Polres Way kanan

Editor   : Alfian Nur

Publish : Oto adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password