Kapolres Matra Hadiri Sengketa Lahan Pembangunan Gereja Balai Keselamatan Pasangkayu

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, ” Kapolres matra AKBP Made ary Pradana, S.IK., M.H Hadiri Sengketa Lahan Pembangunan Gereja Balai Keselamatan Pasangkayu”
Terkait sengketa pembangunan Gereja Balai keselamatan Kapolres Mamuju utara bersama dengan Kasat Reskrim. Kasat Intel. Kapolsek Bambalamotu. Camat Bambalamotu dan Tokon masyarakat Muslim. (26/02/18)

Yustinus mengatakan Pembangunan Balai Keselamatan sudah memiliki IMB yang di keluarkan oleh Kabupaten Pasangkayu No : 640/97/IMB/B/2/01-B.02/IX-2017/DPMPTSP
Kami cek kembali prosedur perolehan ijin tersebut ternyata sudah ada Rekomendasi dari Camat. Rekomendasi Desa. Rekomendasi Dusun serta dilengkapi dengan persetujuan masyarakat sekitar lokasi.

H. Harun yang mengaku sebagai Tokoh Masyarakat bahwa pembangunan Balai Keselamatan tersebut akan di jadikan sebagai tenpat Ibadah (gereja)
Ada jaminan dari Pimpinan proyek sekaligus akan menjadi pengendali Balai Keselamatan tersebut bahwa tidak akan menjadikan bangunan tersebut diluar peruntukan selain yang sudah tertuang dalam IMB.

Yang menjadi kekecewaan H Harun, pihak Desa, Kecamatan, dan pemerintah tidak pernah mensosialisasikan pembangunan tersebut, dan baru mengetahui bahwa proses Pembangunan Balai Keselanatan tersebut sudah melakui Prosedur dan mendapat persetujuan mulai dari tingkat Dusun sampai Kabupaten.

Menanganiadanya perselisihan timbul karena belum adanya Sosisalisasi dari Pihak Pemerintah bahwa Pembangunan Tersebut sudah melalui proses perijinan yang di tentukan.
H Harun dan Yustinus Upe sudah memahami kebuntuan komunikasi tersebut karena selama ini mereka selalu di jembatani oleh pihak Kecamatan dan baru setelah adanya Kapolres bertemu langsung kedua pihak untuk menyamakan persepsi tentang pembangunan tersebut.

Pihak Polres menyarankan kepada pihak pengembang selain memasang iformasi tebtang IMB juga diwajibkan memasang design bangunan yg akan di bangun dalam bentuk baliho sehingga tidak menimbulkan salah persepsi dikalangan masyarakat (permintaan ini akan di laksanakan oleh pihak Balai Keselamatan dan pengembang).

Sudah disepakati bahwa masyakarat akan dipersilakan membantu dan memantau proses pembangunan tersebut dan pihak pengembang secara terbuka langsung menjalin komunikasi dengan masyarakat sekitar tentang proses pembangunannya.

Sudah ada kesepakatan damai anatara H Harun selaku Tokoh masyarakat untuk mempersilakan pengembang melanjutkan pembangunannya dan pada saatnya akan tetap mengharap Balai Keselamatan tersebut tdk diperuntukan diluar ijin.

Penulis : Abrianto

Editor   : Alfian

Publish : Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password