TKI Dipulangkan dari Malaysia dalam Kondisi Depresi

 

Tribaratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sanggau – Melalui Pemeriksaan Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong kembali dipulangkan seorang TKI dalam kondisi depresi (gangguan kejiwaan) dari KJRI Kuching. TKI tersebut dikawal menggunakan 1 unit kendaraan jenis van. “Qodariyah”, demikian nama TKI tersebut. Sesaat setelah tiba di PLBN Entikong, Qodariyah didata oleh pihak P4TKI Entikong. Anggota Polsek Entikong segera melaksanakan screening terhadap Qodariyah, Sabtu (24/2).

“Dari pendataan yang kami laksanakan, Qodariyah ini mengalami perlakuan yang tidak semestinya oleh majikannya di Malaysia sehingga yang bersangkutan mengalami depresi dan gangguan kejiwaan”, ungkap anggota Polsek Entikong.

Selain itu, Qodariyah juga ditemukan tanpa dokumen yang mengungkap identitasnya. Setelah dilaksanakan pendataan oleh instansi terkait, Qodariyah kemudian dicek kesehatannya oleh petugas Karantina Kesehatan PLBN Entikong dan merekomendasikan agar dibawa ke RS. Sei Bangkong Pontianak. Segera setelah itu pihak P4TKI mencoba menghubungi keluarga Qodariyah menggunakan handphone yang bersangkutan dan berhasil mendapat konfirmasi dari keluarganya untuk dibawa ke RS. Sei Bangkong Pontianak.

Menindaklanjuti hal itu, pihak P4TKI dan Karantina Kesehatan PLBN Entikong meminta bantuan pengawalan kepada Polsek Entikong untuk membawa yang bersangkutan. Oleh seorang anggota Polsek Entikong, P4TKI dan Karantina Kesehatan, Qodariah kemudian diantar ke RS. Sei Bangkong Pontianak untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Penulis : Abriyanta Ginting
Editor : Alfian N / Nanang P
Publish : Dikta

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password