Nyaris Terbakar, Aparat Polsek Bontoala Gelar Olah TKP di Toko Perlengkapan Komputer

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Toko Acer service and spare part perlengkapan komputer dijalan Masjid Raya, Kecamatan Bontoala, nyaris terbakar, Minggu (25/2/18) sekitar pukul 15.00 Wita.

Toko yang letaknya sekitar 200 meter dari Polsek Bontoala ini bermula dari terbakaranya meteran kwh listrik didalam toko yang mengakibatkan asap hitam tebal mulai membumbung.

Diduga terjadi arus pendek listrik, konsleting dimeteran yang mengakibatkan meteran toko acer terbakar dengan cepat.

Lima unit Damkar kota makassar yang tiba di TKP langsung menyemprot lokasi yang terbakar untuk memutuskan titik api, hingga tak menjalar lebih luas.

Personil Polsek Bontoala yang tiba dilokasi langsung mengamankan TKP dan memberi garis polisi dikhawatirkan banyaknya orang serta barang elektronik didalam toko bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk kepentingan penyidikan, penyidik polsek bontoala masih mengumpulkan barang bukti melakukan introgasi terhadap saksi mata yang berada disekitar TKP.

Tidak ada korban jiwa dan kerugian materil berarti dalam insiden kebakaran ditoko acer yang nyaris terjadi. (Humas Polrestabes Makassar)

Pada umumnya penyebab kebakaran bersumber pada tiga faktor, pertama karena alam seperti Petir (misal : sambaran petir pada bahan mudah terbakar), kedua gempa bumi (misal: gempa bumi yang mengakibatkan terputusnya jalur gas bahan bakar), ketiga gunung meletus (dikarenakan lava pijar yang panas membakar tumbuhan kering disekitarnya), keempat panas matahari (misal : panas matahari yang memantul dari kaca cembung ke dedaunan kering di sekitarnya).

Faktor lainnya adalah terjadinya kebakaran karena manusia : pertama disengaja (pembalakan liar, balas dendam, dsj), kedua karena kelalaian (lupa mematikan tungku pembakaran saat akan meninggalkan rumah, dsj), ketiga kurang pengertian (membuang rokok sembarangan, merokok di dekat tempat pengisian bahan bakar).

Ada pula karena faktor binatang : tikus, kucing dan binatang peliharaaan lainnya yang berpotensi menimbulkan kebakaran akibat terdapat sumber api di sekitar rumah tanpa pengawasan.

Oleh karena sifat kebakaran dimana mengakibatkan banyak kerugian, maka untuk mencegah terjadinya kebakaran dapat diupayakan langkah-langkah seperti mengadakan penyuluhan mengenai bahaya kebakaran dari pemerintah kepada masyarakat, melakukan pengawasan bersama terhadap segala potensi-potensi kebakaran secara bersama-sama saling mengingatkan terakhir menyediakan sarana pemadam kebakaran aktif maupun pasif di area yang berpotensi tinggi terjadi kebakaran.

Penulis : Qadri

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password