Peran Polri Dalam Mengawal Pembangunan Desa

7F8066FA-B8C3-4A3B-B385-6AC535E21E02

Tribratanews.polri.go.id.polda Kalbar,Polres Sintang- Bupati Sintang Jarot Winarno, Jumat (23/02) siang, menghadiri kegiatan Workshop Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes Kabupaten Sintang yang diselenggarakan di Gedung Pancasila Sintang.

Dalam sambutannya, Jarot menyampaikan bahwa penerapan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dapat mewujudkan pengelolaan dana desa yang lebih baik dan transparan.

06B7B468-098F-42D5-AEF3-F485C1786FED

“Workshop ini sangat relevan dan memperkuat upaya kita mewujudkan Open Goverment, tetutama pada level pemerintah desa di Kabupaten Sintang,” jelasnya.

Oleh karena itu, ia menyatakan sangat menyambut baik dan mendukung penuh adanya workshop terkait Siskeudes ini. Ia berharap sistem aplikasi ini mudah diterapkan.

“Sehingga membawa manfaat yang optimal dalam mewujudkan tata kelola keuangan desa yang baik dan bersih di Kabupaten Sintang. Kepada seluruh kepala desa saya minta agar dapat menerapkan aplikasi Siskeudes ini di desa masing-masing,” pungkasnya.

AC911B97-0E75-40CD-BA5A-AFC36BB59EEF

Sementara itu Irwasda Polda Kalbar Kombes Pol Drs. Andi Musa pada saat menyampaikan materi “Peran Polri Dalam Mengawal Pembangunam Desa” mengatakan bahwa tugas pokok Polri adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat sedangkan pembinaan desa dilaksanakan oleh Pemerintah desa dan masyarakat desa dengan semangat gotong royong serta memamfaatkan kearifan lokal dan sunber daya alam desa.

“Polri juga berkewajiban dan berperan untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif dalam rangka pembangunan pada umumnya dan didesa pada khususnya, sementara itu program dana desa merupakan bagian dari program pemerintah dalam rangka mensejahterakan masyarakat desa, Polri ikut andil untuk tercapainya program tersebut dengan cara mengoptimalkan peran bhabinkamtibmas dan melakukan pencegahan, pengawasan, penanganan dan pendampingan pengelolaan dana desa,” katanya

Masih menurut Kombes Pol Andi Musa bahwa tiga pilar penting didesa ada pada Kepala desa, Babinsa dan bhabinkamtibmas untuk saling bersinergi dan bekerjasama dalam pembangunan desa.

Penulis : Hariyanto
Editor: Alfian.N/Nanang.P
Publish: Hariyanto/chia

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password