Yuk Intip Kecanggihan Helikopter Dolphin Milik Polda Sulsel

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan mendapatkan satu unit Helikopter jenis Dolphin dari Mabes Polri. Helikopter ini nantinya akan pergunakan untuk kepentingan peningkatan mobilitas dalam mengamankan pilkada 2018 di Sulsel.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Humas Kombes Pol Dicky Sondani melalui pesan singkat di whatsapp, Sabtu (24/02/18).

Lebih lanjut Dicky mengatakan bahwa dengan adanya Heli ini juga akan membantu Polda Sulsel untuk membackup Polres jajaran yang melaksanakan pengamanan Pilkada.

“Dengan adanya Heli ini maka pergerakan backup ke Polres-polres dapat lebih cepat dan optimal,” ungkapnya.

Helicopter Dolphin, Aerospatiale Helicopter Corporation atau American Eurocopter ini merupakan helikoter buatan Perancis yang diproduksi di Amerika Serikat.

Helikopter ini adalah helikopter tercanggih yang ada di Indonesia sekarang ini, Jenis Helikopter ini selama ini merupakan andalan United States Coast Guard (USCG) dalam melaksanakan tugasnya menjaga seluruh pesisir pantai Amerika Serikat.

Apa sih yang membuat helikopter dikategorikan canggih? Disalin dari reinhardjambi.wordpress.com, Dolphin menggunakan “Computerized flight management system”, yang mengintegrasikan sistem komunikasi yang berkelas dengan peralatan navigasi.

Pada kedudukan sang pilot, sistem ini dapat memungkinkan helikopter melayang stabil pada ketinggian 15 meter diatas sebuah objek.  Juga Helikopter ini mempunyai sistem keamanan yang sangat baik pada saat cuaca gelap dan cuaca sangat buruk.

Selama ini hal yang paling membuat jeri penerbang helikopter adalah terbang malam atau terbang dalam cuaca buruk, namun Dolphin bisa mengatasi kendala ini, hal yang menjadi kelebihan dari Helikopter Dolphin adalah satu – satunya Helikopter yang mempunyai Autopilotyang selama ini kita kenal hanya ada pada pesawat fixed wing.

Hal yang unik dari Helicopter ini adalah rotor pada ekornya dengan 11 blades berputar dalam tempat kedudukan ekornya.

Penggunaan helikopter canggih ini memang dirasakan perlu buat Polri, karena spesifikasinya cocok untuk tugas – tugas Seperti search and rescue, pengawasan pergerakan kriminalitas lintas batas, Terorisme, Drugs Trafickking, People Smuggling, dan Human Traficcking dan memang nyata – nyata telah dipercaya United States Coast Guard (USCG) sebagai Alutsista utamanya.

Walaupun masih tergolong baru dalam jajaran Polisi Udara Polri, Helikopter Dolphin sudah banyak membantu tugas Polri dalam banyak tugas – tugas keamanan dalam negeri, salah satu yang terakhir adalah dalam operasi penangkapan teroris di Aceh.

Penulis : Marwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password